TOP News
Home » Travel » 5 Kuliner Khas Kota Bandung Terpopuler

5 Kuliner Khas Kota Bandung Terpopuler

Diwarta.com – Ibu kota provinsi Jawa Barat ini memang tidak ada matinya kalau di ulas lebih jauh. Terkenal dengan industri fashion yang mendunia dan beberapa industri lain yang menjadi penyokong ekonomi Kota Bandung, kota ini juga memiliki wilayah yang epik untuk berlibur. Memiliki kawasan dataran tinggi tentu menjadikan Bandung sebagai salah satu alternatif tujuan wisata alam.

Tidak hanya itu saja, ternyata Kota Bandung juga terkenal dengan ragam kuliner yang telah memasyarakat di seantero negri. Mulai dari siomay khas Bnadung yang bisa kita temukan di pinggir jalan hingga restoran, cireng yang menjadi makanan ringan kegemaran banyak orang hingga oncom yang ikonik dengan kota Bandung.

Selain itu masih ada banyak kuliner khas Kota Bandung yang sayang untuk dilewatkan kelezatannya. Menu khas Kota Kembang apa saja ya yang sudah populer di Indonesia?

1. Seblak Bandung

Related image

Seblak merupakan makanan pertama khas Bandung, berasal dari olahan kerupuk kanji yang di rebus, kemudian di bumbui dengan bawang putih, cabai, dan kencur. Makanan khas Bandung ini memiliki banyak penggemar, seblak memiliki dua jenis tekstur berdasar pengolahannya, yakni seblak kering dan seblak mash yang biasanya memiliki kuah kental dengan cita rasa pedas yang membakar lidah.

2. Batagor Bandung

Image result for gambar batagor

Batagor merupakan makanan khas Bandung yang berbahan dasar tahu dan bakso yang di balut dengan adonan tepung sagu lalu di goreng. Biasanya batagor akan di sajikan dengan bumbu kacang sebagai pelengkap dan saus sambal untuk menambah cita rasa pedas. Kita bisa menemukan makanan ikonik Kota bandung ini di penjaja makanan pinggir jalan hingga cafe yang sering manjadi tempat kongkow anak muda. Batagor paling enak dinikmati ketika masih hangat di sore hari atau pada waktu hujan.

3. Cireng Bandung

Image result for gambar cireng

Cireng adalah makanan khas bandung yang harus ada di setiap momen kumpul-kumpul. Cireng merupakan makanan khas kota kembang yang sudah merakyat dan terkenal dimana-mana. Cireng sendiri merupakan makanan dari sebuah singkatan yakni aci di goreng, dalam bahasa Indonesia aci berarti tepung tapioka. Jadi cireng adalah tepung tapoika yang di goreng. Berbahan dasar dari campuran tepung tapioka, garam, merica dan bawang putih ini sangat mudah untuk membuat sendiri di rumah. Kita bisa menemukan makanan ini pada pedagang kaki lima pinggir jalan dengan harga yang relatif terjangkau.

4. Peuyeum Bandung

Image result for gambar peuyeum

Makanan khas Bandung yang berikutnya adalah Peuyeum, makanan yang kita maksud ini adalah sebuah makanan khas yang jika dilihat dari tampilannya hampir mirip dengan tape. Akan tetapi antara Peuyeum dan tape mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, yakni Peuyeum ini memiliki tekstur yang lebih kering. Bahan dasar kedua makanan ini adalah singkong, jika di Jawa kita mengenal tape singkong dengan singkong yang dipotong-potong, berbeda dengan Peuyeum yang menampilkan singkong tanpa di potong. Biasanya Peuyeum akan dijadikan oleh-oleh khas Kota Kembang lho guys.

5. Lotek Bandung

Image result for gambar lotek

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah Lotek, pada dasarnya makanan khas Bandung yang bernama Lotek ini sangat mirip dengan nasi pecel yang sering kita temui di rumah makan. Yang membedakan dari keduanya terletak pada penggunaan bumbu, dalam bumbu lotek terdapat tambahan penyedap berupa terasi udang.

Image result for gambar peuyeum

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE