TOP News
Home » Travel » Kuliner Mie Indonesia Yang Ikonik Banget

Kuliner Mie Indonesia Yang Ikonik Banget

Diwarta.com – Meski ada nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia namun beberapa dari mereka ada yang mengidolakan mie sebagai makanan sehari-hari. Terlebih dari itu ternyata ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadikan mie sebagai ikon kuliner kota mereka. Yang unik dan khas dari olahan mie nusantara adalah citarasanya yang kuat karena penggunaan bumbu yang katya rempah.

Selain kenyang, kalian juga bisa mendapat manfaat lain dari menyantap seporsi mie daari rempah yang di gunakan. Tentu saja kalian tidak akan melewatkan beberapa olahan mie ikon kuliner Indonesia berikut.

1. Mie Gomak

kuliner mie khas indonesia

Tak lengkap rasanya kalau liburan ke Danau Toba tanpa mencicipi kuliner mie khasnya orang Batak, yaitu mie gomak. Dinamakan gomak karena dahulu mie ini dibuat dengan cara diaduk menggunakan tangan (gomak) agar bumbunya menyatu sempurna. Namun, cara tersebut kini sudah ditinggalkan. Kunci dari rasa mie gomak ada di penggunaan bumbu andaliman yang menjadirempah khas masyarakat Pulau Sumatra dalam setiap masakannya. Dalam penyajiannya, ada mie gomak goreng, mie gomak kuah santan, dan mie gomak bumbu kacang.

2. Mie Koba

kuliner mie khas indonesia

Mie koba berasal dari sebuah kecamatan bernama Koba yang terletak di kabupaten Bangka Tengah, provinsi Bangka Belitung. Kekhasan dari mie ini terletak pada kuahnya yang bercitarasa gurih manis. Rupanya kuah tersebut merupakan perpaduan dari kaldu ikan tenggiri dan bumbu rempah, seperti cengkeh, kayu manis, ketumbar, dan gula aren asli. Mie koba biasanya disajikan bersama tauge, telur rebus, bawang goreng, seledri, dan perasan air jeruk kunci untuk membuat rasanya lebih segar.

3. Mie Koclok

kuliner mie khas indonesia

Tampilan mie koclok sekilas mirip bubur. Mie ini terdiri dari mie rebus, kol, dan tauge yang kemudian disiram kuah kental berwarna putih yang terbuat dari kaldu ayam, santan, dan tepung maizena. Agar makin nikmat saat disantap, mie koclok biasanya dilengkapi dengan topping ayam suwir, telur rebus, bawang daun, dan bawang goreng. Mie koclok yang rasanya asin dan gurih ini wajib Anda coba kalau ke Cirebon, karena rasanya kuliner mie khas Indonesia satu ini sulit ditemukan di kota lain.

4. Mie Cakalang

kuliner mie khas indonesia

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau mie cakalang merupakan olahan mie bercampur ikan cakalang khas dari Manado. Dalam penyajiannya, semangkuk mie cakalang umumnya terdiri dari mie telur, sawi hijau, dan suwiran ikan cakalang yang telah diasap atau disebut cakalang fufu yang rasanya asin dan gurih. Baik itu mie cakalang kuah atau goreng, keduanya sama-sama enak. Orang Manado biasanya menyantap mie cakalang bersama sambal roa atau sambal bakasang.

5. Mie Jawa

kuliner mie khas indonesia

Selain gudeg, Jogja punya kuliner mie yang terkenal enak yakni mie jawa yang juga sering disebut bakmi jawa. Bakmi jawa disajikan dalam mangkuk berisi kuah gurih yang isiannya terdiri dari mie, ayam, kol, telur, dan tomat. Selain bakmi rebus (godhog), bakmi jawa disajikan dalam bentuk bakmi goreng atau bakmie nyemek. Tak sulit memang menemukan bakmi jawa mengingat saat ini sudah banyak dijual di kota-kota besar. Tapi kalau di Jogja, beberapa tempat makan bakmi jawa masih menggunakan anglo (tungku tanah liat) dan arang. Mungkin karena cara memasaknya yang masih tradisional inilah yang membuat rasa bakmi jawa di Jogja lebih mengena di hati.

6. Mie Aceh

kuliner mie khas indonesia

Mie aceh disajikan dalam bentuk olahan mie goreng, rebus dan basah nyemek (tidak kering tapi tidak berkuah). Mie bercitarasa pedas yang khas dari kotaSerambi Mekah ini biasanya disajikan dengan bahan pelengkap berupa daging, udang, cumi, kepiting, atau jamur, selain mie kuning yang jadi bahan bakunya. Yang membuat mie aceh berbeda dengan mie pada umumnya terletak pada racikan bumbunya yang bercita rasa tajam karena menggunakan banyak rempah. Umumnya, mie aceh disantap bersama acar bawang, emping dan bawang goreng. Pelengkap tersebut menjadi penyempurna rasa mie aceh yang spicy.

7. Mie Kocok

kuliner mie khas indonesia

Pastinya sudah banyak yang tahu nikmatnya mie kocok yang khas dari Bandung. Kuliner mie khas Indonesia satu ini terdiri dari mie kuning, tauge, dan kikil sapi yang disiram kuah kaldu sapi yang gurih dan kental. Penjual mie kocok saat ini mudah ditemui di berbagai sudut kota Bandung. Dan di beberapa tempat, mie kocok disajikan dengan sumsum sapi. Rasanya sudah pasti makin nikmat saat disantap apalagi kalau disajikan dengan sambal pedas dan perasan jeruk nipis.

8. Mie Lendir

kuliner mie khas indonesia

Mie lendir adalah kuliner mie khas Indonesia yang berasal dari Batam. Disebut mie lendir karena dalam penyajiannya, kuliner khas Indonesia yang jadi menu sarapan favorit warga Batam ini terdiri dari mie dan tauge yang disiram bumbu kacang yang kental. Untuk memperkaya rasa dan mempercantik tampilannya, mie lendir juga diberi taburan seledri, bawang goreng, dan cabai potong. Mie ini juga biasanya disajikan bersama satu butir telur rebus.

kuliner mie khas indonesia

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE