TOP News
Home » Travel » 5 Oleh-Oleh Khas Kota Gudeg Selain Bakpia

5 Oleh-Oleh Khas Kota Gudeg Selain Bakpia

Diwarta.com – Kota satu ini memang selalu memiliki magnet bagi para pelancong, backpacker atau traveler sejati. Memiliki kota yang indah dengan warisan budaya yang masih mengakar kuat dan pemandangan alam yang tidak pernah bosan untuk selalu dinikmati. Joga, kota dengan segala pernak pernik yang ada di dalamnya selalu membuat jatuh hati siapapun yang pernah singgah.

Mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Jogja sampai memuaskan lidah dan perut dengan wisata kuliner keliling Jogja. Rasanya tidak pas jika bentandang ke suatu kota tanpa membeli buah tangan untuk orang terdekat, kerabat atau sahabat. Berikut adalah oleh-oleh khas Kota Gudeg yang pantang untuk dilewatkan.

1. Yangko

Yangko

Ini dia kue moci khas Yogyakarta. Yangko memang mirip sekali dengan kue moci, jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis kue moci. Yangko memiliki penampilan yang sangat menarik, dengan bentuk kotak dan warna-warni cerah serta taburan tepung. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

2. Geplak

Geplak

Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang bercitarasa manis, termasuk untuk camilannya. Salah satu yang patut Anda coba sekaligus bisa dijadikan oleh-oleh adalah geplak.

Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuaran gula. Saat ini, geplak telah dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna cerah menggoda. Geplak identik dengan rasanya yang sangat manis, bahkan jika Anda meminum teh manis setelah menyantap geplak, teh yang Anda minum akan terasa tawar karena saking manisnya rasa geplak.

3. Coklat Monggo

Coklat Monggo

Tak perlu jauh-jauh ke Belgia untuk dapat merasakan sensasi nikmat coklat. Di Yogyakarta, Anda bisa menikmati coklat Yogyakarta dengan cita rasa Belgia, namanya Coklat Monggo. Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pemilik Coklat Monggo ini merupakan pria berkebangsaan Belgia, sehingga ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas coklat di negerinya.

4. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan adalah oleh-oleh lain yang tak boleh Anda lewatkan. Gerabah khas Desa Kasongan ini telah dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Gerabah dapat Anda temui dalam beragam bentuk mulai dari guci, vas bunga, lampu hias sampai asbak. Di sini, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah mulai dari pembentukan tanah liat sampai pembakaran dan pewarnaan.

5. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak Jogja

Kerajinan perak menjadi jenis oleh-oleh khas Jogja lainnya yang wajib Anda beli. Untuk mendapatkan kerajinan perak ini, silakan datang ke Kotagede, berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta, yang dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram.

Di Kotagede, Anda bisa mengunjungi show room kerajinan perak atau datang ke rumah-rumah pengrajin secara langsung. Bentuk kerajinan perak di sini sangatlah beragam mulai dari perhiasan sampai hiasan dinding/meja. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Kerajinan perak di sini telah banyak dikirim ke luar negeri sejak zaman Belanda.

Image result for gambar kota jogja

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE