TOP News
Home » Travel » 2 Uang Kertas Kuno Paling Langka Dan Mahal

2 Uang Kertas Kuno Paling Langka Dan Mahal

Semua orang yang hidup di dunia ini mengenal dan sangat menyukai uang. Uang berguna untuk mendapatkan banyak benda, karena dengan uang kita dapat memiliki apapun. Uang dapat ditukarkan dengan berbagai macam benda.

Zaman dulu orang jika ingin memiliki barang menukarnya dengan barang. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman jika ingin memiliki benda kita harus membelinya dengan uang. Uang sekarang ini sudah banyak sekali perubahan dan pembaharuan. Ada beberapa uang kuno yang memiliki harga sangat mahal, Karena di dunia hanya terdapat beberapa saja.

Uang Kertas Kuno Termahal

1. Uang Kertas 5000 (10 jutaan)
Uang kertas ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan uang kertas saat ini. Pada satu sisi uang terdapat gambar perempuan berkebaya yang sedang memegang padi. Sementara pada sisi sebaliknya tergambar hamparan sawah terasering. Pada masanya dahulu, uang kertas ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Uang pecahan Rp 5.000 tersebut saat ini setara dengan Rp10 juta atau lebih. Dengan nilai yang tinggi, uang kertas ini dikategorikan sebagai uang langka yang memiliki daya jual tinggi.

 uang kuno

2. Uang Kertas 500 (30 Jutaan)
Uang sebelum kemerdekaan Indonesia, Gulden seri wayang, paling favorit dan paling diburu para kolektor. Bentuknya yang indah, nominalnya yang lengkap dan kesulitannya yang sangat besar menyebabkan seri ini mengalami kenaikan harga yang sangat luar biasa. Tidak heran banyak kolektor baik pemula maupun senior yang seringkali mengalami kesulitan untuk melengkapi seri ini.

Seri wayang terdiri dari 8 pecahan dan 14 variasi. Pecahan kecil (5, 10, dan 25 gulden) masing-masing memiliki 3 variasi tanda tangan. Sedangkan pecahan besar hanya satu variasi.

Pecahan 500 gulden termasuk yang sangat sulit ditemukan, hanya sekitar 3 lembar saja yang pernah terlihat di pasaran. Harga untuk kondisi VF mungkin sudah melebihi angka Rp30 juta.

 uang kuno

Uang yang langka biasanya digemari banyak orang, karena uang yang langka akan memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik. Uang zaman dahulu sudah sangat jarang dan sulit untuk ditemukan. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memilikinya.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE