TOP News
Home » Travel » 3 Mata Uang Unik Di Dunia Yang Pasti Jarang Kamu Temui

3 Mata Uang Unik Di Dunia Yang Pasti Jarang Kamu Temui

Diwarta.com – Uang merupakan alat tuklar yang sah dan berlaku di semua negara. Namun untuk itu Anda juga harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Diantara banyaknya mata uang di dunia, ada beberapa yang dinilai memiliki desain yang unik. Keunikan ini bisa disebabkan dari warna mata uang ataupun gambar yang dipakai.

Dari penjelasan diatas tentu kalian bertanya apakah ada negara dengan mata uang unik dan tentu saja masih berlaku dan menjadi alat transaksi. Berikut adalah penjelasan detailnya.

1. 20.000 Rupiah – Indonesia

Mata uang Indonesia yang dinilai sebagai mata uang unik adalah pecahan 20 ribu bergambar Ki Hajar Dewantara. Sekilas, memang tidak ada yang aneh dengan pecahan uang satu ini. Namun warna hijau pucat yang dipakai serta wajah ilustrasi memberikan kesan unik di mata warga internasional.

2. 10 Dolar – Australia

Pecahan 10 dolar ini dicetak pada tahun 2012. Uang tersebut menggunakan gambar Mary Gilmore, seorang penulis asal Australia, sebagai gambar utamanya. Namun sayang, setelah di cetak, sebagian warga Australia bahkan tidak bisa mengenali siapa tokoh yang ada di uang tersebut.

3. 5.000 Krona – Islandia

Mata uang ini dikeluarkan oleh pemerintah Islandia. Satu hal yang membuat mata uang ini dinilai aneh adalah gambar yang dipakai. Pecahan uang ini memakai gambar seorang wanita bernama Ragnheidur Jonsdottir yang merupakan perajin pakaian islandia. Pakaian unik yang dipakai wanita tersebut dalam gambar ini membuat desain uang Islandia terlihat aneh.

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE