TOP News
Home » Peristiwa » 3 Negara Yang Juga Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia

3 Negara Yang Juga Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia

Diwarta.com – Mudik merupakan salah satu tradisi menjelang lebaran. Dimana mereka yang ber4ada jauh di perantauan akan pulang untuk merayakan lebaran di kampung halaman mnasing-masing. Mudik selalu menjadi topik utama yang akan di ulas di semua media ketika ramadhan datang.

Di Indonesia sendiri mudik menjadi hal wajib yang harus di lakukan, sejauh apapun kampung halaman mereka tetap akan semangat melakukan perjalanan mudik yang tentu saja sangat melelahkan. Selain di Indonesia beberapa di negara ini ternyata juga memiliki tradisi mudik menjelasng lebaran lho guys. Mana saja Ya? Yuk simak jawabannya di bawah sini.

1. Malaysia

Negara tetangga yang masih serumpun ini juga memiliki tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sama seperti Indonesia, penduduk Malaysia mayoritas muslim. Sehingga, kemeriahaannya saat mudik lebaran sangat terasa. Mereka yang mudik adalah warga yang merantau ke kota untuk bekerja. Bedanya Malaysia tidak mengenal istilah mudik atau pulang kampung, melainkan Balik Kampung.

2. Turki

Idul Fitri di Turki dikenal dengan istilah Bayram. Saat berjumpa dengan sesama muslim selama lebaran, mereka akan saling mengucapkan salam “Bayraminiz Kutlu Olsun”, “Mutlu Bayramlar”, atau “Bayraminiz Mubarek Olsun”. Ketiganya memiliki arti yang hampir sama yaitu selamat merayakan Hari Raya Bayram.

3. Arab Saudi

Tradisi mudik juga lakukan warga muslim di Arab Saudi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mengingat negara ini mayoritas penduduknya adalah muslim. Apalagi, Arab memiliki Kabah sebagai tempat ibadah paling suci umat Islam. Tak heran tiap lebaran, perayaannya selalu meriah sekali. Biasanya, masing-masing daerah menggelar festival yang menampilkan pagelaran teater, pertunjukan musik, dan kesenian lainnya. Keluarga yang merantau akan pulang, sedangkan anggota keluarga yang tinggal di rumah akan mendekorasi rumahnya seindah mungkin dan menyiapkan aneka masakan khas lebaran.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE