Sejarah Hari Bumi

Sejarah Hari Bumi Hari Bumi

Tahukah anda? – Tepat pada tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia. Mungkin sebagian dari kita belum tahu apa itu Hari Bumi.

Hari Bumi adalah sebuah peringatan tahunan dimana tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengingatkan kita sebagai manusia untuk selalu mencintai dan merawat bumi. Seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak sekali peritiwa bencana alam, mulai dari banjir, tanah longsor, ataupun kebakaran hutan. Tak bisa kita pungkiri bahwa manusia juga menjadi salah satu faktor terjadinya bencana itu sendiri.

Hari Bumi pertama kali diselenggarakan di Amerika pada tahun 1970. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang pengajar di bidang lingkungan hidup.

Beliau memandang bahwa perilaku peduli manusia terhadap lingkungan hidup mulai berkurang. Maka dari itu beliau berpikiran untuk menambahkan materi pelajaran tentang isu-isu lingkungan hidup untuk menjadi kurikulum resmi di perguruan tinggi. Ternyata gagasan ini mendapatkan respon dan dukungan yang luar biasa.

Pada puncaknya, tanggal 22 April 1970, sekitar 20 juta orang berdemo di Fifth Avenue New York untuk mengecam para perusak bumi. Akhirnya mulai saat itulah setiap 22 April diperingati sebagai Hari Bumi ( Earth Day ).

Namun peringatan saja tidak cukup untuk menjaga bumi ini tetap lestari. Untuk itu mari kita senantiasa berperilaku ramah lingkungan. Mulai dari hal kecil yang kita bisa, mulai dari diri kita sendiri. Semoga pesan positif ini bisa bermanfaat.

seumber :

https://id.wikipedia.org

https://alamendah.org