TOP News
Home » Regional » Pencak Dor, Pertarungan Bebas MMA Versi Kediri dan Blitar.

Pencak Dor, Pertarungan Bebas MMA Versi Kediri dan Blitar.

Seperti yang Diwartakan dari laman brilio(dot)net. Bagi warga Kediri dan Blitar tradisi Pencak Dor atau tarung bebas ini boleh dibilang solusi tawuran buat kalangan remaja ala Kediri dan Blitar. Pencak Dor sendiri diinisiasi oleh almarhum Kiai Agus Maksum Jauhari atau yang biasa dipanggil Gus Maksum dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Tujuannya adalah terjalinnya silaturahmi sesama pendekar dan media dakwah pemuda. Namun sebenarnya pendirian arena Pencak Dor dilatarbelakangi oleh kegelisahan Gus Maksum kala itu akan maraknya aksi perkelahian antar remaja di Kediri dan Blitar. Tak jarang dari perkelahian tersebut menimbulkan korban Bahkan Kematian.

Oleh karena itulah Gus Maksum ingin membuat arena untuk bertarung satu lawan satu secara fair. Jadi segala perselisihan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan adil tanpa menguras rasa persaudaraan. Meski jadi arena tarung bebas namun rupanya tradisi ini sangat digemari oleh masyarakat Kediri dan Blitar. Setiap kali acara ini digelar pasti dipadati oleh ratusan hingga ribuan penonton.

Pencak Dor mulai sendiri muncul sejak era 60an ini dan masih sangat digemari masyarakat Kediri dan Blitar. Para pendekar yang akan bertarung biasanya dipertemukan dalam gelanggang Pencak Dor ukuran 8 x 4 meter. Sekilas, gelanggang Pencak Dor mirip dengan ring tinju. Bedanya jika ring tinju dikelilingi dengan tali, Pencak Dor dikelilingi batang bambu sebagai pembatas tepi untuk arena pertarungan.

Suasana latihan Silat para Santri untuk persiapan mengikuti turnamen Pencak Dor (img: liputan6/balgo marbun)

Jika sudah mulai bertarung, suasana memanas juga sampai dirasakan para penonton. Adu jotos tak terelakkan, melakukan tendangan atau bantingan. Dan jika salah satu kalah maka wasit akan memilih siapa yang terbaik dan dinyatakan menang.

Pencak Dor (img: nu.or.id)

Yang paling unik, adalah Pencak Dor ini meraka tidak mendapatkan upah. Upah yang mereka terima adalah sepiring nasi dan dianggap sebagai berkah pertandingan. Pencak Dor ini sekaligus sebagai adu gengsi. “diatas lawan, dibawah kawan” itulah pedoman para pendekar Pencak Dor.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »