7 Amalan Bulan Suci Ramadhan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

7 Amalan Bulan Suci Ramadhan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bulan ramadhan merupakan bulan suci yang hanya datang satu tahun sekali. Ketika bulan ramadhan telah tiba, umat islam akan menyambutnya dengan kegembiraan dan membersihkan hati dengan cara melakukan kegiatan yang tidak membuat dosa bertambah. Kita akan lebih berhati-hati dalam berbicara dengan seesorang agar tidak saling menyakiti hati satu sama lain.

Di bulan suci ramadhan kita akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah dan akan lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun. Karena kegiatan dan aktivitas kita yang memiliki tujuan baik akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sebaliknya jika kita melakukan hal yang membuat dosa maka dosa tersebut juga akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Ada banyak kejutan pahala yang sangat indah ketika kita melakukan aktivitas apapun di bulan ramadhan. Kegiatan Bekerja, sekolah, bermain, dan lain-lain merupakan kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari. Tetapi ketika bulan ramadhan Allah akan memberikan pahala di setiap kegiatan yang kita lakukan. Sungguh Allah berhati sangat mulia dan selalu sayang dengan hambanya.

Ibadah Yang Akan mendapatkan Pahala Berlipat ganda di bulan ramadhan

1. Sholat Tarawih
Amalan Sunnah Muakkad artinya tidak wajib. Sholat yang hanya hadir di bulan ramadhan, sangat disayangkan jika tidak dijalankan. Karena pada bulan ramadhan Allah akan memberikan pahala yang sangat banyak, Pahala yang diberikan akan dilipatgandakan.

2. Shalat Witir
Shalat witir merupakan shalat sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan di malam hari. Ketika bulan ramadhan shalat witir dilaksanakan setelah sholat tarawih. Shalat witir menjadi penyempurna setelah melaksanakan shalat tarawih di bulan suci ramadhan.

3. Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan ketika bulan ramadhan karena tiap huruf yang dibaca Allah SWT akan memberikan pahala 27 kali. Membaca Al-Qur’an merupakan cara untuk berdekat diri dengan Allah SWT. Tidak hanya membaca saja, orang lain yang mendengarkan ayat Al-Qur’an juga akan mendapatkan pahala.

4. Sedekah
Sedekah akan membuat rezeki yang diterima dari Allah SWT menjadi barokah. Dengan cara memberikan pertolongan kepada orang lain kita akan merasa sangat senang. Bulan ramadhan dianjurkan untuk bersedekah karena amal baik akan dilipatgandakan.

5. Itikaf
I’tikaf merupakan kegiatan berdiam diri di dalam masjid dengan hati yang terfokus hanya kepada Allah SWT saja. Kegiatan yang dilakukan ketika berdiam di dalam masjid seperti berzikir. Ibadah Itikaf dilakukan setiap waktu dan hukumnya sunnah. waktu yang diutamakan adalah sepuluh hari terakhir bulan ramadhan karena malam-malam ganjil terdapat malam lailatul qadar.

6. Istighfar
Ketika bulan ramadhan dianjurkan untuk membaca istighfar dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT. Di malam bulan ramadhan Allah akan memberikan banyak pengampunan dosa yang telah dilakukan oleh hambanya.

7. Puasa
Puasa merupakan rukun islam. Puasa di bulan ramadhan merupakan sebuah jalan penghapusan dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Allah SWT akan menghapus dosa manusia jika menjalankan puasa ramadhan dengan penuh keikhlasan.

Bulan ramadhan sangat menguntungkan bagi umat islam, karena kegiatan yang sudah biasa dilakukan setiap hari akan dijadikan jalan untuk menggandakan banyak pahala. Marilah kita mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan suci baik secara lahiriah dan batiniah.

Hasil gambar untuk senja di masjid