5 Pesan Rasulullah SAW Di Bulan Ramadhan

5 Pesan Rasulullah SAW Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan sudah semakin dekat. Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan (bulan yang penuh berkah bagi umat muslim). Bulan dimana ibadah akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Sebagai umat muslim kita harus mempersiapkan hati dan iman agar ketika bulan puasa ramadhan dapat menjalankan semua dengan penuh keikhlasan.

Puasa dan mengerjakan sholat 5 waktu diwajibkan bagi umat muslim. Kita harus memiliki persiapan agar ketika menjalankan semua amalan ibadah tersebut dapat berjalan dengan baik dan istiqomah.

Agama telah mengajarkan tentang pesan Rasulullah ketika bulan ramadhan. Dengan membaca dan mengetahui pesan Rasulullah yang telah di sabdakan kita dapat menjalankannya dengan baik. Kita juga akan menanamkan dalam hati tentang apa yang diamalkan di bulan suci ramadhan yang akan datang. Agar keistimewaan dan keberkahan dapat kita raih.

Berikut 5 pesan dari hadits yang diriwayatkan oleh ibnu Khuzaimah dan Salman Al-farisi Dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa rasulullah sedang berkhutbah pada akhir bulan Sya’ban yang berisi pesan untuk umat muslim.

1. Ingat Bahwa pahala di bulan Ramadhan berlipat ganda
Jika kita mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebajikan di bulan ramadhan, Kita akan mendapatkan pahala seperti menunaikan ibadah fardhu di bulan lain. Dan jika kita menunaikan ibadah fardhu di bulan ramadhan maka akan mendapatkan pahala layaknya menunaikan 70 ibadah di bulan lain.

2. Bulan ramadhan adalah bulan melatih kesabaran
Jika memiliki kesabaran di bulan ramadhan kejutannya adalah syurga. Ketika puasa di bulan suci ramadhan kita dilatih untuk menghindari makan, minum dan hal-hal yang membuat dosa. Dengan melakukan kebaikan kita akan diberikan syurga oleh Allah SWT.

3. Memperbanyak Doa dan memohon ampunan
Di sepuluh pertengahan bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan. Di sepeluh terakhir adalah terbebas dari api neraka. maka kita dapat dapat berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Istighfar kepada Allah SWT agar kelak dapat ikut masuk syurga.

4. Bulan penuh berkah
Bulan dalam semalam memiliki kebaikan dari seribu bulan. maksudnya adalah malam Lailatul Qadar Allah SWT telah mewajibkan umat muslim berpuasa di siang hari dan menjadikan Qiyamu lail (Sholat tarawih) adalah suatu tathawu (sunnah). Bulan ramadhan menandakan bulan yang penuh dengan pahala. Kita dapat memanfaatkan bulan penuh berkah dengan melakukan kebaikan dengan keikhlasan.

5. Belajar Bersimpati terhadap orang lain
Salah satu pesan Rasulullah kepada umat muslim. Untuk memberi makan orang lain meskipun hanya sebiji kurma dan sesuap air susu. Bagi orang yang memberikan makanan untuk berbuka puasa pada orang lain akan diberikan pahala yang berlipat ganda.Bersimpati antar sesama akan menjadikan kitta semua memiliki rasa kepedulian tinggi.

Rasulullah memberikan banyak pesan kepada kita agar tetap melakukan kebaikan di bulan suci ramadhan. Dengan kebaikan yang telah kita lakukan Allah SWT akan memberikan pahala berlipat ganda Dan akan mempererat tali silaturahmi terhadap sesama manusia. Karena Allah SWT tidak memandang dari sebuah harta yang dimiliki umatnya melainkan amal ibadah yang telah dilakukan di dunia.

Related image