TOP News
Home » Peristiwa » 3 Tips Berpuasa Selama Hamil

3 Tips Berpuasa Selama Hamil

Bulan ramadhan merupakan bulan yang berkah untuk umat muslim. Selama bulan ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa bagi yang sudah kuat menjalankan. Ketika bulan ramadha umat musli akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika melakukan banyak kebaikan dengan penuh keikhlasan.

Untuk ibu hamil boleh tidak menjalankan puasa karena ada bayi yang sedang di kandung dan harus mengkonsumsi makanan sehat agar bayi di dalamnya tumbuh sehat. Tetapi jika sudah konsultasi dengan ahlinya dan pemeriksaan dinyatakan sehat, maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa. Ketika sedang hamil dan menjalankan puasa ramadhan harus menjaga tubuh dengan sebaik mungkin.

Tips Untuk Ibu Hamil Yang Berpuasa

1. Berbuka
– Berbuka dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah, dan harus tetap membatasi makanan dan minuman yang manis. Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.
– ibu hamil dapat melanjutkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh, seperti kolak atau kurma.
– Setelah sholat tarawih usahakan untuk makan walau hanya sedikit.
– Sebelum tidur tidur, untuk memproses produksi ASI, cobalah mengkonsumsi makanan ringan dengan minuman hangat.

3. Berpuasa
– Jalani puasa dengan niat dan tekad yang bulat dan ikhlas
– Kurangi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalnya aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat.

Segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami:

  • Muntah-muntahMuntah-muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi.
  • Mengalami diare yang diikuti rasa mulas dan melilit
  • Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil
  • Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.
  • Mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin pertanda bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa

3. Sahur
– Ketika sahur, pilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup. karena dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari.
– ibu hamil dianjurkan banyak mengkonsumsi daging, karena mengandung kalori dan protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama
– Upayakan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin Cvitamin C dan mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh.
– Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak lemas dan cepat merasa lapar akibat insulin shock.
– Usahakan minum air putih dan susu ketika sahur, karena minum segelas susu setiap sahur dapat mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat disayangkan jika meninggalkan puasa. Dengan demikian kebanyakan ibu hamil banyak yang memilih berpuasa ketika sedang hamil karena tidak ingin menyianyiakan kesempatan untuk menyembah dan berdekat diri kepada Allah SWT. Tetapi ibu hamil juga harus tetap ingat bayi yang sedang di kandung apabila tidak kuat menjalankan puasa lebih baik jangan memaksakan diri berpuasa.

Image result for ibu hamil berbab

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »