TOP News
Home » Peristiwa » 6 Tips Lancar Jalani Puasa Ramadhan Ala Dokter

6 Tips Lancar Jalani Puasa Ramadhan Ala Dokter

Bulan puasa ramadhan kita sebagai umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Dan jika meninggalkannya maka kita akan berdosa. Kita harus menjalankan puasa dan melakukan kebaikan agar diberi pahala yang berlipat ganda. Amal kebaikan yang dijalankan dengan ikhlas akan diterima oleh Allah SWT.

Ketika bulan puasa yang dilaksanakan cukup lama kita harus tetap menjaga dan merawat tubuh agar tetap terhindar dari bahaya penyakit. Makanan yang kita konsumsi selama bulan ramadhan juga harus diperhatikan dengan baik.

Ketua RS Kerajaan Malaysia Dr. Adib Rizvi (pakar sakit pingang) memohon kepada semua agar menahan diri dari minuman kemasan soft drink, terutama yang dingin. Penjelasan beliau setelah berpuasa sepanjang hari, ginjal akan kekeringan, dan akan berhenti jika minum air dingin seperti coca colla, Pepsi, Fanta, Miranda, 7up, Sprite, dan lain lain.

Kita dianjurkan untuk minum buah buahan segar agar kesehatan terjaga. Karena minuman kemasan tersebut memiliki banyak efek samping yang akan membahayakan kesehatan. Minuman tersebut akan dapat merusak organ dalam tubuh kita secara perlahan. Agar kita tetap sehat sebaiknya mengkonsumsi jus buah yang dibuat sendiri dirumah yang terjaga kesegarannya.

Sebagai saudara kita akan saling mengingatkan agar semua sehat dalam menjalankan ibadah puasa hingga hari-hari seterusnya. kita harus menghindari minuman kemasan yang terlihat segar dan menyehatkan tetapi akan merusak organ dalam tubuh.

Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar jalani puasa ramadhan.

Tips Puasa Ramadhan

1. Ketika sahur harus diusahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. karena dapat membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga akan cepat merasa haus. Dan membatasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Karena gula juga akan cepat mendatangkan rasa haus ditengah puasa yang sedang dijalani.

2. Diabjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

3. Ketika berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dapat dipenuhi.

4. Mengkonsumsi pisang ketika berbuka sangat baik untuk tubuh, karena pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Membatasi makanan yang digoreng ketika berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seseorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.

6. Mengkonsumsi Air atau jus buah segar ketika berbuka puasa dan sebelum tidur, bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar beraktivitas esok harinya.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim yang akan tiba beberapa hari lagi. Hindarilah minuman kemasan. Semoga dengan tips diatas kita semua dapat terhindar dari penyakit dan tetap dilindungi oleh Allah SWT. Ada baiknya jika kita mencegah penyakit daripada mengobati penyakit. Semua adalah saudara maka kita harus saling mengingatkan agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan. Marhaban Yaa Ramadhan.

Image result for marhaban ya ramadhan

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »