TOP News
Home » Peristiwa » 3 Makanan Khas Blitar Yang Akan Memanjakan Lidah

3 Makanan Khas Blitar Yang Akan Memanjakan Lidah

Makan menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan mahluk hidup. Jika di bumi tidak ada makanan yang dapat dimanfaatkan maka tidak akan ada kehidupan di dalamnya. Karena semua mahluk hidup memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup.

Di setiap kota akan memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Di Blitar ada banyak makanan yang sangat disukai masyarakat. Mungkin semua sedah pernah mendengar tentang Kota Blitar yang penuh sejarah tentang Bapak Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia yang pertama kali.

Sekarang ini temanya bukan membahas tentang sejarah, tetapi makanan khas yang ada di blitar dan terkenal hingga seluruh dunia. Makanan khas di blitar dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Makanan Khas Blitar

1. Nasi Ampok Khas Blitar
Nasi Ampok adalah nasi jagung khas Blitar. Nasi ampok merupakan makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari jagung. Kita dapat menjumpai kuliner ini di sekitar alun-alun Blitar, hanya dengan merogoh uang 4.000 rupiah sudah mendapatkan kelezatan dan kandungan manfaat dari nasi ampok.

Untuk menambah cita rasa, nasi ampok akan lebih nikmat jika disajikan dengan sambal tomat, sayur rebus, serta ditambah dengan ikan asin. Jika sudah lengkap mulut kita tidak akan mau diam, rasanya tetap ingin ngunyah terus hingga ampok pedagang habis.

2. Sego Pecel Blitar
Nasi Pecel mungkin sudah menjadi kuliner khas di beberapa daerah. Tetapi, ada perbedaan sedikit dengan nasi pecel yang merupakan kuliner khas Blitar ini. Nasi pecel khas Blitar memiliki perbedaan pada rasanya yang tidak terlalu manis dan kacangnya tidak dihaluskan dengan lembut. harga per bungkusnya hanya 6000 rupiah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal pecel masih sama pada umumnya, yaitu kacang tanah sangrai, kencur, cabai rawit, daun jeruk purut, bawang putih, gula merah, garam, dan asam jawa.

3. Rujak Cingur Khas Blitar
Rujak Cingur adalah makanan khas tradisional dari Kota Blitar. Bahan utama untuk membuat rujak cingur adalah lidah sapi. Bahan tambahan yang digunakan di antaranya adalah mentimun, kerahi, bengkuang, nanas, mangga muda, kedondong, lontong, tahu, tempe, taoge, kacang panjang, dan kangkung.

Bahan utama yaitu cingur (lidah sapi) dan bahan tambahan lainnya dicampur dengan bumbu saus yang terbuat dari petis udang, gula merah, kacang tanah, cabai, bawang goreng, garam dan potongan pisang klutuk. Rujak cingur ini memiliki cita rasa yang gurih, sehingga dapat memanjakan lidah kita.

Makanan khas blitar diatas sudah sangat terkenal dan rasanya juga tidak mengecewakan lidah. Di setiap kota pasti memiliki makanan lezat yang akan menjadi ciri khas. Jika pergi ke Kota Blitar jangan lupa untuk mencicipi makanan khas karena jika sudah mengenal rasanya pasti lidah akan dapat ketagihan.

Image result for ampok

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »