Peranan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi COVID-19

Peranan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi COVID-19 Bersiap Hadapi New Normal, Pemkab Blitar Gelar Webinar Teknologi Informasi

Tenang Hadapi New Normal dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi (#2) – Peranan TI ditengah pandemi COVID-19 maupun menuju new normal sangat kita rasakan. TI memberikan banyak kemudahan, dengan TI layanan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, jarak bukan lagi menjadi masalah. Kerjapun dapat dilakukan dari rumah dan tetap dapat dikontrol.

Masih mengutip pemaparan Ir. Khakim Ghazali, MMT., Dosen Departemen Teknologi Informasi ITS, Teknologi Informasi berperan penting dalam penerapan new normal, salah satu penerapan TI untuk mendukung “work from home” (WFH) adalah aplikasi presensi online berbasis GPS. Aplikasi ini setidaknya memberikan layanan pencatatan posisi pegawai dilengkapi dengan log waktu kehadiran, input aktifitas yang dilakukan selama WFH, hingga rekapitulasi kehadiran.

Di bidang lainnya, pemanfaatan TI juga telah terbukti memberikan kemudahan dan sudah banyak diimplementasikan. Di bidang Pendidikan misalnya, kehadiran aplikasi e-learning memberikan banyak layanan, mulai dari modul ajar tingkat PAUD hingga SMU yang memberikan kemudahan dalam proses guru mengajar, siswa belajar dan orang tua membantu memberikan bimbingan sesuai modul. Layanan lainnya diantaranya penugasan, quiz, ujian, dan telekonferensi.

Yang tak kalah menarik adalah pemanfaatan TI di bidang ekonomi, mendukung usaha kecil menengah dengan aplikasi e-marketplace. E-marketplace dapat digunakan oleh pedagang kaki lima, pemilik warung, took, dan lainnya, memberikan layanan katalog produk, transaksi secara online yang terhubung dengan jasa penghantaran maupun pembayaran digital.

Beberapa contoh pemanfaatan TI lainnya ialah dengan penggunaan drone untuk pengiriman bantuan atau kondisi darurat lainnya, pemetaan, dan monitoring lalu-lintas. Di bidang kelautan, pemanfaatan IT diimplementasikan dengan penggunaan fish finder untuk membantu nelayan dalam mencari ikan, dan yang tak kalah menarik adalah TI untuk inovasi bisnis digital, diantaranya adalah virtual torism, virtual sport, virtual music concert, dan virtual training.

Tenang Hadapi New Normal dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi (#1)