KPU Kabupaten Blitar, Lantik PPS Secara Online, Peserta Dapatkan Pesan Penting dari Bupati

KPU Kabupaten Blitar, Lantik PPS Secara Online, Peserta Dapatkan Pesan Penting dari Bupati Pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Oleh KPU Secara Daring (Online)

Blitar – Senin (15/6/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menggelar pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serentak secara daring di 32 titik di wilayah Kabupaten Blitar. Ke-32 titik tersebut dipusatkan di Ruang Perdana Pemerintah Kabupaten Blitar, sedangkan lainnya tersebar di 22 kecamatan, 8 desa, serta 1 kelurahan, dengan total terdapat 774 anggota PPS yang dilantik.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut PKPU Nomor 5 Tahun 2020 yang merupakan perubahan ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, dimana paling lambat tanggal 15 Juni 2020 untuk KPU harus mengaktifkan kembali PPK dan PPS.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa menyampaikan ucapan selamat menjalankan tugas kepada PPS yang telah dilantik dan menghimbau untuk menjalankan tugasnya dengan bersungguh-sungguh meski ditengah pandemi covid-19. Lebih lanjut Hadi menambahkan, dalam menjalankan tugas, PPS harus melaksanakannya dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, memastikan hak konstitusi masyarakat terpenuhi, serta tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugasnya.

Bupati Blitar, Rijanto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya seluruh anggota PPS untuk menjalankan setiap tugas pelaksanaan pemilihan berdasarkan peraturan yang berlaku, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap proses tahapan pelaksanaan pemilihan, sehingga diharapkan akan menghasilkan yang terbaik untuk bangsa dan negera terutama masyarakat Kabupaten Blitar.

Upacara pelatikan tersebut disaksikan oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM., Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam, perwakilan Polres, Kejaksaan Negeri, serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.