6 Tips Dasar Dalam Merawat Kucing

6 Tips Dasar Dalam Merawat Kucing 6 Tips Dasar Dalam Merawat Kucing

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat digemari oleh banyak orang. Identik dengan sifat yang manja dan menggemaskan, kucing-kucing lucu kini banyak dicari dan dipelihara dengan baik. Dalam mememlihara kucing, maka terdapat banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawatnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Asupan Gizi / Makanan
Makanan yang  tepat dengan jumlah yang benar untuk memberikan protein, vitamin, mineral, dan unsur-unsur lain yang penting untuk memberikan anak kucing nutrisi yang tepat dan mendukung perkembangan yang sehat. Selain makanan, berikan minum yang cukup untuk kucing anda.

2.Mandikan Secara Teratur
Menjaga kebersihan adalah hal utama yang harus dijaga. Sebelum memandikan kucing, potong dulu kukunya dan mandikan saat tenang, agar tidak menjadikan stress bagi si kucing. Mandikan dengan perlahan, mulai yang pertama membasuh muka dan kemudian membasuh seluruh badannya. Usap dengan shampo khusus kucing dan segera bilas dengan air. Jangan samapi air masuk ke telinga maupun hidung kucing. Segera keringkan bulu kucing.

3.Bersihkan Tempat Kotoran Secara Teratur
Hal yang tidak kalah penting adalah membersihkan tempat kotoran kucing. Selain agar sekitar tidak bau, membersihkan kotoran kucing sangat diperlukan untuk kesehatan kucing itu sendiri.

4.Ajaklah Bermain
Dengan mengajak main kucing anda, itu akan membuat si kucing akan lebih nyaman. Selain itu membiarkan kucing jalan-jalan diluar kandang dan bermain akan membuat kucing lebih bahagia dan tidak membuat kucing stres.

5.Sisir Bulu Kucing
Menyisir bulu kucing sangat penting untuk mengangkat bulu-bulu yang sudah mati, membersihkan kutu, menghilangkan jamur pada bulu kucing, dan bulu-bulugumpalan.

6.Ajarkan Kebiasan Baik 
Kita harus bersikap tegas pada kucing, jika kucing kita bandel misalnya dia mencakar-cakar kursi atau si kucing buang kotoran tidak pada tempatnya. Anda harus bersikap tegas, misalnya dengan menghentikannya setiap kali melihat hal tersebut.

Sumber : blibli