Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik

Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik (img: pikiran-rakyat)

Diwarta Peristiwa – Korea Utara dan Korea Selatan merupakan salah satu wilayah terpecah yang tak juga bersatu. Meskipun tetangga dekat, wilayah ini bahkan terus bersitegang hingga sepertinya mustahil untuk melakukan reunifikasi.

Perang Korea sendiri dimulai sejak 25 Juni 1950 telah menewaskan kurang lebih 2,5 juta jiwa. Pada 27 Juli 1953 keduanya menyatakan gencatan senjata, namun setelahnya terus berkonflik hingga tahun 2018. Selama perang berlangsung, Korea Selatan bersekutu dengan Amerika Serikat sedangkan Korea Utara bersekutu dengan China.

Pada 27 April 2018, kedua kepala negara yakni Moon Jae In, Presiden Korea Selatan dan Kim Jong Un, Presiden Korea Utara bertemu dan mendeklarasikan tidak ada lagi perang, memutuskan untuk melakukan kerjasama, dan melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Pertemuan tersebut dilakukan di perbatasan kedua negara, yakni Pamunjon, sehingga dikenal dengan deklarasi Pamunjon.

Meski telah mendeklarasikan damai, namun nyatanya hingga Juni 2020 percikan-percikan konfik masih sering terjadi. Mengutip CNBC Indonesia, setidaknya terdapat 6 percikan konfil, diantaranya:

  • 4 Juni, beredar selebaran anti Kim Jong Un
  • 6 Juni, Korea Utara melayangkan peringatan ke-2 kepada Korea Selatan
  • 8 Juni, Korea Utara mengancam akan memutuskan hubungan dengan Korea Selatan
  • 9 Juni, terjadi pemutusan komunikasi, mulai komunikasi militer, hingga jaringan komunikasi antar negara. Ini dilakukan buntut dari Korea Selatan yang dianggap tidak menindak tegas pembelot Korea Utara yang berlindung dan melakukan propaganda-propaganda
  • 16 Juni, Korea Utara melakukan peledakan kantor penghubung bersama di Kaesong
  • 18 Juni, tantara Korea Utara disiagakan di Kaesong.

Hingga saat ini, konflik ini telah berlangsung selama 68 tahun dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.