TOP News
Home » Dunia » Peristiwa » Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik
Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik (img: pikiran-rakyat)

Korea Selatan – Korea Utara, Negara Sewilayah yang Terus Berkonflik

Diwarta Peristiwa – Korea Utara dan Korea Selatan merupakan salah satu wilayah terpecah yang tak juga bersatu. Meskipun tetangga dekat, wilayah ini bahkan terus bersitegang hingga sepertinya mustahil untuk melakukan reunifikasi.

Perang Korea sendiri dimulai sejak 25 Juni 1950 telah menewaskan kurang lebih 2,5 juta jiwa. Pada 27 Juli 1953 keduanya menyatakan gencatan senjata, namun setelahnya terus berkonflik hingga tahun 2018. Selama perang berlangsung, Korea Selatan bersekutu dengan Amerika Serikat sedangkan Korea Utara bersekutu dengan China.

Pada 27 April 2018, kedua kepala negara yakni Moon Jae In, Presiden Korea Selatan dan Kim Jong Un, Presiden Korea Utara bertemu dan mendeklarasikan tidak ada lagi perang, memutuskan untuk melakukan kerjasama, dan melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Pertemuan tersebut dilakukan di perbatasan kedua negara, yakni Pamunjon, sehingga dikenal dengan deklarasi Pamunjon.

Meski telah mendeklarasikan damai, namun nyatanya hingga Juni 2020 percikan-percikan konfik masih sering terjadi. Mengutip CNBC Indonesia, setidaknya terdapat 6 percikan konfil, diantaranya:

  • 4 Juni, beredar selebaran anti Kim Jong Un
  • 6 Juni, Korea Utara melayangkan peringatan ke-2 kepada Korea Selatan
  • 8 Juni, Korea Utara mengancam akan memutuskan hubungan dengan Korea Selatan
  • 9 Juni, terjadi pemutusan komunikasi, mulai komunikasi militer, hingga jaringan komunikasi antar negara. Ini dilakukan buntut dari Korea Selatan yang dianggap tidak menindak tegas pembelot Korea Utara yang berlindung dan melakukan propaganda-propaganda
  • 16 Juni, Korea Utara melakukan peledakan kantor penghubung bersama di Kaesong
  • 18 Juni, tantara Korea Utara disiagakan di Kaesong.

Hingga saat ini, konflik ini telah berlangsung selama 68 tahun dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »