Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19

Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19 Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dipastikan akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena memasuke era New Normal dalam pandemi Covid-19. Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, jalur PMB PTN melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi lainnya. SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus.

UTBK 2020 diikuti oleh 702.927 orang, terdiri dari 557.125 peserta reguler dan 145.802 orang pendaftar KIP Kuliah dengan total kapasitas disiapkan di semua pusat UTBK 1.435.130 peserta. Jumlah peserta mendaftar tersebut hanya memenuhi 64% dari kuota yang disediakan.

Dalam masa pandemic covid-19 ini, pelaksanaan SBMPTN tetap mengutamakan perlindungan, menjaga kesehatan dan keselamatan semua komponen yang terlibat serta mencegah penyebaran Covid-19 dengan membatasi mobilitas (pergerakan) peserta antar Provinsi dan atau antar Kabupaten/Kota dan harus tetap menerapkan protocol kesehatan.

Pelaksanaan ujianpun lebih pendek dari tahun sebelumnya, yaitu selama 105 menit atau 1 jam 45 menit dan dilakukan hanya 2 sesi per-hari. Sedangkan materi UTBK hanya Test Potensi Sekolastik (TPS). Peserta UTBK dilayani di 74 Pusat UTBK. Pusat UTBK menggunakan fasilitas komputer di kampus atau bekerjasama dengan Mitra PTS atau SMA/SMK penyelenggara UNBK. 
Untuk melayani peserta yang harus melakukan perjalanan antar provinsi dan atau kabupaten/kota dari zona merah sehingga tidak mendapatkan izin Satgas Covid-19 daerah dan tidak dapat hadir di pusat UTBK tertentu, Pusat UTBK harus bermitra dengan SMA/SMK yang memiliki fasilitas UNBK.