TOP News
Home » Peristiwa » Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19
Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19

Begini Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) 2020, Hybrid and New Normal Covid-19

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dipastikan akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena memasuke era New Normal dalam pandemi Covid-19. Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, jalur PMB PTN melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi lainnya. SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus.

UTBK 2020 diikuti oleh 702.927 orang, terdiri dari 557.125 peserta reguler dan 145.802 orang pendaftar KIP Kuliah dengan total kapasitas disiapkan di semua pusat UTBK 1.435.130 peserta. Jumlah peserta mendaftar tersebut hanya memenuhi 64% dari kuota yang disediakan.

Dalam masa pandemic covid-19 ini, pelaksanaan SBMPTN tetap mengutamakan perlindungan, menjaga kesehatan dan keselamatan semua komponen yang terlibat serta mencegah penyebaran Covid-19 dengan membatasi mobilitas (pergerakan) peserta antar Provinsi dan atau antar Kabupaten/Kota dan harus tetap menerapkan protocol kesehatan.

Pelaksanaan ujianpun lebih pendek dari tahun sebelumnya, yaitu selama 105 menit atau 1 jam 45 menit dan dilakukan hanya 2 sesi per-hari. Sedangkan materi UTBK hanya Test Potensi Sekolastik (TPS). Peserta UTBK dilayani di 74 Pusat UTBK. Pusat UTBK menggunakan fasilitas komputer di kampus atau bekerjasama dengan Mitra PTS atau SMA/SMK penyelenggara UNBK. 
Untuk melayani peserta yang harus melakukan perjalanan antar provinsi dan atau kabupaten/kota dari zona merah sehingga tidak mendapatkan izin Satgas Covid-19 daerah dan tidak dapat hadir di pusat UTBK tertentu, Pusat UTBK harus bermitra dengan SMA/SMK yang memiliki fasilitas UNBK.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »