TOP News
Home » Foods » Peristiwa » Ini, Alasan Ditariknya Jamur Enoki dari Peredaran
Pengertian Jamur Enoki dan Alasanya Ditarik Dari Peredaran. Images ilustrasi.(iStockphoto/Amarita)

Ini, Alasan Ditariknya Jamur Enoki dari Peredaran

Ditengah pandemic covid-19, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menghimbau kepada importir untuk tidak mengimpor jamur jenis inoki, tidak mengedarkan sekaligus menarik dari pasaran.Mengutip dari Wikipedia,  Jamur inoki adalah jenis jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan.

Pengertian Jamur Enoki
Jamur Enoki adalah jamur yang diimpor dari Korea Selatan (Korsel) dan diduga terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes sehingga jadi pemicu munculnya penyakit listeriosis. Bakteri ini diketahui sangat berbahaya dan bisa menjadi salah satu penyebab kematian seseorang.

Jamur ini disinyalir mengandung bakteri Listeria Monocytogenes yang bisa mengakibatkan muntah-muntah, sakit kepala dan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Penyakit ini berdampak sangat serius pada ibu hamil, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem imun rendah.

Di Indonesia, jamur enoki banyak disajikan di restoran-restoran. Berdasarkan keterangan International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang merupakan jaringan pangan internasional di bawah FAO dan WHO, akibat mengonsumsi jamur enoki terjadi kejadian yang luar biasa di Amerika, Australia, dan Kanada pada kurun waktu Maret hingga April 2020.

Pada CNN Indonesia, Iwan Saskiawan dari Pusat Penelitian Biologi (LIPI), menyampaikan bahwa Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian telah melakukan analisis dan telah ditemukan kandungan bakteri listeria yang melebihi batas ambang yang diperbolehkan di jamur enoki. Sebenarnya bakteri listeria sendiri akan mati pada suhu 75 hingga 80 derajat celcius.

Meski belum ditemukan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Indonesia akibat jamur enoki, pemerintah pusat telah mengambil berbagai tindakan, selain melarang impor dan menarik dari peredaran, juga telah melakukan pemusnahan. Berdasarkan keterangan Agung Hendriadi, Kepala Ketahanan Pangan Kementan, pemusnahan jamur enoki telah dilakukan 2 kali, yaitu tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi dan dihadiri oleh para pelaku usaha dan BKP. Total jamur yang dimusnahkan sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg. Semoga dengan berbagai tindakan ini, tidak akan terjadi KLB atau akibat lain ditengah-tengan pandemic saat ini.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »