Jadikan Kulit Cerah dan Halus, Yuk Intip Tips Facial Wajah Sendiri di Rumah Saat Pandemi

Jadikan Kulit Cerah dan Halus, Yuk Intip Tips Facial Wajah Sendiri di Rumah Saat Pandemi Tips Facial Wajah Sendiri di Rumah Saat Pandemi Covid-19 (img: pexels)

Memiliki kulit wajah cerah, halus dan bersih sepertinya memang menjadi impian hampir seluruh wanita. Belum lagi kesibukan dan banyaknya tugas yang semakin membuat pikiran terbebani dan tentu saja memberi pengaruh pada kulit wajah. Untuk itu tak jarang wanita melakukan berbagai perawatan, termasuk salah satunya facial wajah.

Tapi tidak sempat ke klinik kecantikan untuk facial wajah karena kondisi pandemi Covid-19 dimana seluruh masyarakat dianjurkan untuk saling berjaga jarak, bukan berarti tidak bisa merawat wajah sendiri di rumah. Keuntungan facial sendiri di rumah adalah kamu bisa menghemat biaya dan kebersihannya lebih terjamin.

Bahkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu sudah bisa memberikan perawatan ala spa terhadap kulit wajahmu dengan biaya yang lebih sedikit. Berikut 6 langkah mudah melakukan facial wajah sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

1.Lakukan Cleanse

Tahap pertama dimulai dari membersihkan kulit wajah untuk menghilangkan residu atau kotoran yang menempel di kulit wajah dan juga membersihkan semua residu yang mengendap di pori-pori wajah agar benar-benar bersih. Akan lebih baik jika kamu melakukan double cleanse, seperti yang dilakukan dalam proses spa jenis di salon kecantikan. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk menjaga lapisan kulit luar wajahmu. Jika ingin menggunakan bahan alami, kamu bisa menggunakan madu mentah untuk diaplikasikan ke wajah.

Aplikasikan ke wajah dan beri pijatan lembut dengan menggunakan dua jari. Pijat mulai dari dagu dan gerakkan tangan secara memutar hingga ke bagian atas wajah. Bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan tahap cleansing kedua dengan menggunakan pembersih dengan formula busa atau cream.

2.Lakukan Ekfoliasi

Ekfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang masih menyumbat di pori-pori wajah. Ini juga masuk dalam langkah penting melakukan facial. Selain mengangkat sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau wajah, ekfoliasi juga bisa membantu mencerahkan kulit wajahmu. Kamu bisa melakukan tahapan ini dengan menggunakan produk scrub yang dijual.

Jika ingin bahan alami, kamu bisa membuat dengan beberapa bahan dapur berikut. Untuk kulit normal : Campurkan 1 sendok teh oatmeal bubuk dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh minyak zaitun. Untuk kulit berminyak : Campurkan 1 sendok teh madu dengan satu sendok teh air dan satu sendok teh gula.

Untuk kulit kering : Campurkan 1 sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak zaitun dan satu sendok teh almond bubuk.

Aplikasikan sedikit scrub ke wajah, beri pijatan dengan memutar dua jari secara lembut. Lakukan selama beberapa menit dan bilas dengan air setelah selesai.

3.Steam Kulit Wajah

Langkah ini akan membuat pori-pori wajah terbuka lebar. Tidak perlu peralatan canggih, kamu bisa lakukan sendiri dengan peralatan sederhana di rumah.

Cukup dengan menuangkan air panas ke dalam wadah kemudian posisikan wajahmu di atas permukaan wadah  selama 10 hingga 15 menit. Perhatikan jaraknya agar tidak terlalu dekat sebab suhu air yang panas.

3.Masker Wajah

Setelah proses steam, aplikasikan masker yang sesuai dengan kulit wajahmu. Jika berminyak dan cenderung berjerawat, pilih produk masker yang mengandung vitamin C. Jika kulitmu kering, gunakan masker yang diformulasikan untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Atau bisa menggunakan bahan alami berikut:

Untuk kulit normal/kombinasi : 1 sendok makan madu + 1 sendok makan yoghurt

Untuk kulit berminyak : 1 sendok makan multani mitti + 1 sendok makan madu

Untuk kulit kering : setengah pisang (dihaluskan) + 1 sendok makan madu

5.Aplikasikan Toner

Setelah melepas masker wajah, ini saatnya untuk toner.

Langkah ini penting karena toner membanu menyamakan pH kulit setelah pembersihan dan penyamaran, juga untuk mengembalikannya ke tingkat alami. Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Biarkan toner mengering secara alami. Kamu juga bisa menggunakan toner alami dengan mencampurkan setengah sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh air. Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit sambil menutup pori-pori wajahmu.

6.Moisturize

Langkah terakhir melakukan facial wajah di rumah, aplikasikan pelembab ke kulit wajah kamu. Pelembab akan membantu melembabkan kulit dan mengunci kelembaban sehingga kulit tidak mudah rusak. Pilih produk yang sesuai dengan kulit wajah kamu. Agar facial spa di rumah lebih mirip seperti di salon, tambahkan pijatan lembut saat mengaplikasikan di seluruh area wajah. Selain untuk relaksasi, cara ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membuat kulit tampak lebih glowing.

Top News

Jangan Gagap, Yuk Kenali 13 Istilah Yang Sering Disebut Dalam Pandemi Covid-19

Jangan Gagap, Yuk Kenali 13 Istilah Yang Sering Disebut Dalam Pandemi Covid-19

Pengertian Virus Corona – Virus Corona atau Covid-19 telah menyebar dan menginfeksi beberapa bulan terakhir. Sampai dengan hari ini (9/7) virus ini telah…

Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan

Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan

Salah satu buah yang memiliki perpaduan rasa manis, sedikit asam dan segar adalah leci. Leci adalah buah yang tumbuh di daerah tropis seperti…

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9 – Soal konektivitas, Redmi 9 dibekali port USB C untuk mengisi daya baterai yang berkapasitas 5.020 mAh. Di dalam…

Berpotensi Tangkal Corona, Ini 5 Khasiat Utama Eucalyptus

Berpotensi Tangkal Corona, Ini 5 Khasiat Utama Eucalyptus

Eucalyptus merupakan pohon cemara yang ditanam dan tumbuh di negara Australia. Keberadaannya semakin popular setelah diluncurkannya produk tanggap corona Kementerian Pertanian (Kemantan) berupa…

Tak Punya Pacar? 3 Rencana Liburan Weekend Ini Ternyata Layak Dicoba

Tak Punya Pacar? 3 Rencana Liburan Weekend Ini Ternyata Layak Dicoba

Rencana Liburan Akhir Pekan – Bekerja memang menjadi sebuah rutinitas dan tututan hidup yang harus dilaksanakan dengan penuh amanah. Berangkat mulai pagi dan…

Federal, Sepeda Klasik yang Tetap Jadi Idola

Federal, Sepeda Klasik yang Tetap Jadi Idola

Federal, ya.. siapa yang tak kenal dengan sepeda klasik tersebut. Sepeda ini diproduksi oleh PT Federal Cycle Mustika (FCM) sejak tahun 1986 terakhir…

5 Aplikasi Video Editor untuk PC Terbaik 2020

5 Aplikasi Video Editor untuk PC Terbaik 2020

5 Aplikasi Video Editor untuk PC Terbaik – Adobe Premiere Pro menyediakan fitur yang cukup lengkap. Banyak fitur berguna ada di software ini….

Blitar, Masih 40 Desa yang Sudah Ajukan Pencairan ADD Tahap Kedua

Blitar, Masih 40 Desa yang Sudah Ajukan Pencairan ADD Tahap Kedua

Blitar – Sampai saat ini, dari 220 desa yang ada di Kabupaten Blitar, masih 40 desa saja yang sudah mengajukan pencairan Alokasi Dana…

Novel Disiram Air Keras, Polisi Lakukan ini untuk tangkap Pelaku

Novel Disiram Air Keras, Polisi Lakukan ini untuk tangkap Pelaku

Karena , 11 hari setelah kasus penyiraman air keras terhadap Novel, pihak kepolisian belum juga mendapat titik terang siapa pelaku penyerangan tersebut sehingga…

Bersepeda, Bikin Tubuh Sehat dan Bugar Yang Wajib Kamu Coba

Bersepeda, Bikin Tubuh Sehat dan Bugar Yang Wajib Kamu Coba

Bersepeda bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang menyenangkan, seperti diketahui bahwa, manfaat bersepeda terhadap kesehatan sangatlah banyak. Selain menyenangkan, bersepeda merupakan salah satu…

Adu Kekuatan Militer, Korea Utara Vs. Korea Selatan Siapa Lebih Unggul?

Adu Kekuatan Militer, Korea Utara Vs. Korea Selatan Siapa Lebih Unggul?

Konfik Korea Selatan dan Korea Utara yang berlangsung sejak 68 tahun yang lalu sampai dengan saat ini belum ada tanda-tanda berakhir, bahkan kedua…