6 Fitur Aplikasi WhatsApp yang Tak Banyak Diketahui, Yuk Dicek

6 Fitur Aplikasi WhatsApp yang Tak Banyak Diketahui, Yuk Dicek Fitur-fitur Whatsapp Yang Wajib Kamu Tahu

Meski aplikasi chatting WhatsApp telah banyak digunakan orang, namun tak semua tahu fitur-fiturnya. Padahal fitur aplikasi WhatsApp ini sangat berguna. Seperti diketahui, orang menggunkan aplikasi WhatsApp karena mempermudah komunikasi dan juga memang karena populer.

Sekarang, tidak hanya saling mengirim teks, gambar, video, gif, bahkan dokumen, sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Ditambah lagi, baru-baru ini, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya yaitu grup video call sebanyak 8 pengguna secara bersamaan. Namun pengguna wajib meng-update versi yang terbaru. sehingga sangat memudahkan orang untuk berkomunikasi di masa pandemi Covid-19 ini.

Tentu akan semakin banyak pengguna aplikasi pesan instan yang beralih menggunakan WhatsApp. Mungkin belum banyak yang tahu, berikut deretan fitur aplikasi WhatsApp yang harus kamu kuasai.

1. Pesan Berbintang

Cara menandai pesan berbintang ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan lama pesan yang ingin dibintangi, maka opsi berlogo bintang akan muncul pada bagian atas.

Setelah kamu pilih, pesan tersebut otomatis menjadi pesan berbintang. Untuk mengakses pesan berbintang tersebut dengan mudah, kamu bisa masuk ke Menu lalu pilih “Starred Messages” untuk melihat daftar pesan berbintang tersebut.

2. Detail Pesan

Mengetahui detail pesan membuatmu mendapat informasi mengenai kapan pesanmu itu terkirim dan dibaca.
Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan pesan secara lama kemudian klik “Info” dan seluruh info dari pesan tersebut akan terlihat.

3. Huruf Tebal dan Miring

Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu menggunakan karakter bintang (*) di bagian depan dan akhir kata atau kalimat, seperti *test*. Untuk memiringkan huruf, kamu bisa menggunakan karakter garis bawah (_), seperti _test.

4. Mute Kontak atau Grup yang Mengganggu.

Jika tidak ingin mematikan nada notifikasi di smartphone, kamu bisa menggunakan fitur Mute. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke laman kontak chat lalu pilih simbol untuk mematikan speaker yang ada di bagian atas. Atau, kamu bisa menggunakan pilihan Menu, lalu pilih “Mute Notifications”.

5. Mematikan Tanda Sudah Membaca Pesan

Biasanya, tanda pesan sudah dibaca adalah akan ada centang yang berubah warna menjadi biru. Namun, kamu ternyata bisa menghilangkan fitur WhatsApp yang ini lho. Caranya, masuk ke “Settings” lalu “Account” dan “Privacy”.  Di bagian bawah, kamu akan menemukan “Read Receipts”. Lalu hilangkan tanda centang tersebut. Orang lain tidak akan bisa mengetahui apa pesannya sudah dibaca atau belum.

Selain itu, dengan mematikan fitur ini maka kamu tidak bisa melihat jika lawan bicaramu sudah membaca pesanmu atau belum.

6. Sembunyikan Waktu Terakhir Online.

Caranya, pergi ke menu “Settings” buka “Account” dan pilih “Privacy”. Kamu lalu akan menemukan tiga pilihan untuk menunjukan informasi waktu terakhir online tersebut. Apakah hanya untuk daftar kontak, semua orang, atau tidak sama sekali. Sesuai pilihan ya. Itulah enam fitur aplikasi WhatsApp yang harus kamu ketahui, karena memang berguna.