Demam Bersepeda di Tanah Air, Pamor Sepeda Lipat Meroket!

Demam Bersepeda di Tanah Air, Pamor Sepeda Lipat Meroket! Tern bikes Eclipse Eclipse X22 (Sepeda Lipat)

Bersepeda semakin hari semakin banyak digemari banyak orang, baik usia anak-anak, usia muda, maupun usia tua. Selain hobi, manfaat bersepeda terhadap kesehatan sangatlah banyak, salah satunya adalah menjaga tubuh tetap awet muda dan tetap bugar meskipun di musim pandemi covid-19. Pandemi COVID 19 yang terjadi diseluruh belahan bumi, termasuk di Indonesia membuat bisnis dan sendi perekonomian menjadi lesu. Namun dilain sisi, masyarakat disadarkan untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari yang paling sederhana seperti mencuci tangan sampai dengan ber olah raga sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan.

Baru-baru ini jenis olah raga yang mendadak populer di tanah air yaitu bersepeda. Tidak hanya kaum muda, anak kecil, emak-emak sampai lansia pun saat ini banyak menggandrungi sepeda. Baca juga: Deteksi Covid-19 dengan Test Antibodi

Dunia “persepedaan” tanah air belakangan ini dimeriahkan dengan adanya demam “sepeda lipat/seli”. Sepeda lipat menjadi primadona pilihan pesepeda yang bahkan membuat pesepeda jenis MTB maupun roadbike “hijrah” menjadi pengguna sepeda lipat, tak heran jika tak sedikit orang yang mencari referensi Harga Sepeda Lipat Terbaru. Berikut alasan kenapa sepeda lipat banyak digemari.

1. Praktis
Bicara soal kemudahan saat dibawa, tidak diragukan lagi sepeda lipat juaranya. Mulai dari ditenteng, masuk bagasi mobil, hingga naik transportasi publik seperti kereta atau bus mudah dilakukan. Sepeda lipat jauh lebih praktis dibanding sepeda jenis sepeda lain. Hal ini juga sejalan dengan pola hidup masyarakat perkotaan yang butuh mobilitas tinggi baik untuk bekerja (bike to work) atau sekedar hang out bersama teman.

2. Kekinian
Selain sehat, bersepeda sudah menjadi gaya hidup baru di masyarakat. Apalagi banyak artis maupun publik figur yang mengunggah aktivitasnya bersepeda menggunakan sepeda lipat di media sosial. Hal ini membuat sepeda lipat menjadi bagian dari tren saat ini. Tidak sedikit kaum milenial membeli sepeda lipat hanya digunakan sebagai sarana pendukung foto selfie di media sosial agar dianggap up to date.

3. Ringkas dan hemat tempat
Di era modern dimana masyarakat perkotaan tidak memiliki banyak ruang di tempat tinggalnya, sepeda lipat menjadi pilihan utama karena tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar dibanding jenis sepeda lainnya. Apalagi jika bertempat tinggal di apartemen, sepeda lipat yang ringkas bisa disimpan di space yang kecil dan mudah untuk di bawa turun naik lift.

4. Satu untuk semua
Sepeda lipat tidak memiliki ukuran khusus dari segi frame, sehingga sepeda lipat bisa dibilang satu untuk semua. Berbeda dengan jenis MTB, sepeda lipat cenderung lebih bisa digunakan untuk berbagai tinggi badan, usia maupun gender.

Beberapa alasan diatas membuat sepeda lipat menjadi Primadona saat ini. Dari segi harga cukup bervariasi karena saat ini sudah banyak produsen sepeda dalam negeri yang bermain di segmen sepeda lipat ini.