Ternyata Gampang! Begini Cara Membuat Face Shield Anti Corona Sendiri di Rumah

Ternyata Gampang! Begini Cara Membuat Face Shield Anti Corona Sendiri di Rumah Contoh Penggunaan Faceshield (img: medicalxpress)

Face shield adalah salah satu perlengkapan penting yang harus kamu miliki dalam periode transisi menuju tatanan new normal. Penggunaan face shield penting untuk meminimalkan risiko penularan virus corona / Covid-19 saat kamu beraktivitas di luar rumah. Face shield lebih efektif digunakan daripada masker karena tidak akan menyerap air seperti halnya masker. Karena hal itu, face shield pun kini semakin mulai popular dan marak dijual di toko-toko online atau e-commerce maupun media sosial. Bahkan banyak tutorial pembuatan manual face shield ini.

Mereka menjual face shield mulai dari Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung bahan dan model. Membeli face shield secara online memang gampang, tapi butuh waktu untuk pengiriman. Daripada menunggu paketan face shield dari plastik mika, lebih baik membuat sendiri saja. Membuat face shield dari plastik mika sangat mudah, alat dan bahan gampang diperoleh dengan harga murah. Baca juga: Deteksi Covid 19 Dengan Tes Antibodi Yang Perlu Kamu Tau

Untuk membuat face shield dari plastik mika juga tidak butuh waktu lama, sekitar 10 menit sudah selesai. Berikut langkah-langkah membuat membuat face shield:

1.Siapkan lapisan sampul dari plastik dan karton

Siapkan lembaran sampul jilid berbahan karton dan plastik bening. Lalu rekatkan salah satu sisi dengan selotip.

2.Gunting bagian sampul karton yang tidak menempel pada sampul plastik

Gunting sisa karton yang tidak direkatkan ke plastik. Nanti akan tersisa lapisan tebal pada salah satu bagian plastik. Bagian tebal itu yang akan menjadi bagian atas face shield.

3.Rapikan bagian sudut plastik

Agar tidak membahayakan wajah, gunting sudut bawah plastik. Gunting dengan bentuk setengah lingkaran.

4.Tambahkan kain handuk atau kaos pada bagian atas

Siapkan kain handuk atau kaos untuk diletakkan di bagian atas face shield. Lipat beberapa lapis agar keringat di dahi dapat menyerap ke kain. Gunting sesuai ukuran lapisan tebal di atas.

5.Tempel kain ke bagian atas face shield

Kain yang sudah dipotong sesuai ukuran bagian atas face shield harus dilem agar melekat kuat.

6.Beri lubang di kedua sisi

Lubangi kedua sisi face shield dengan alat pembolong kertas. Lubang ini akan menjadi tempat pemasangan tali.

7.Pasang tali pada kedua lubang
Lalu terakhir, pasang tali di kedua sisi lubang. Gunakan tali karet agar elastis dan bisa disesuaikan dengan ukuran kepala. Jangan terlalu longgar ataupun sempit.

8.Face shield telah siap untuk digunakan

Akhirnya pembuatan face shield selesai. Maka alat ini sudah bisa digunakan. Tapi perlu diketahui bahwa keefektifan penggunaan alat ini terhadap pencegahan virus corona belum benar-benar teruji karena masih ada area wajah yang terbuka. Oleh karena itu, sebelum face shield ini dipakai, kenakan terlebih dahulu masker kain yang dimiliki.