Bersepeda, Bikin Tubuh Sehat dan Bugar Yang Wajib Kamu Coba

Bersepeda, Bikin Tubuh Sehat dan Bugar Yang Wajib Kamu Coba Drs. H. Rijanto, M.M - Masih Tetap Energik Dengan Sepeda Gunungnya

Bersepeda bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang menyenangkan, seperti diketahui bahwa, manfaat bersepeda terhadap kesehatan sangatlah banyak. Selain menyenangkan, bersepeda merupakan salah satu jenis olah raga ringan, sehingga banyak yang menggemarinya dan menyehatkan. Dengan bersepeda secara rutin setiap hari, anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kebugaran, hingga menurunkan stress.

Dikutip dari womenshealthmag.com, orang yang sering atau rutin bersepeda kebanyakan hidupnya dua tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang jarang bersepeda. Dengan rutin bersepeda, akan terjaga kesehatannya dan jarang terjangkit penyakit berat.

Selain itu, manfaat bersepeda terhadap kesehatan adalah dapat encegah penyakit jantung. Menurut penelitian british medical association, sebuah asosiasi profesi yang angotanya terdiri dari mayoritas dokter di Inggris mengatakan bahwa dengan bersepeda sejauh 20 mil dalam satu minggu, dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung coroner hingga 50%. Dengan bersepeda, kita juga lebih cepat membakar kalori. Bersepeda dengan kecepatan biasa secara rutin selama 30 menit sehari dan dalam kurun waktu satu tahun secara rutin, akan dapat dapat membakar lemak sebanyak 5kg.

Ternyata bersepeda juga dapat mencegah obesitas dengan memperbanyak olah raga ringan seperti bersepeda dan dapat meningkatkan stamina. Bersepeda merupakan olah raga ringan untuk meningkatkan stamina. Kita dapat mengayuh sepeda lebih lama dibandingkan dengan senam aerobic atau berjalan kaki, inilah salah satu manfaat dalam bersepeda secara rutin, yakni mampu menurunkan berat badan lebih cepat. Baca Juga: 5 Aplikasi Bersepeda Yang Dapat Kamu Coba

Di sisi lain, bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi perasaan mudah lelah ketika melakukan aktifitas. Ketika memiliki waktu santai tidak ada salahnya kita coba untuk bersepeda. Bersepeda juga dapat dijadikan sarana untuk mencari kesenangan. Dengan bersepeda di luar ruangan, melihat pemandangan alam, atau bertemu dengan teman-teman akan ampuh untuk mengusir rasa depresi, cemas dan stress.

Bersepeda akan membuat awet muda? Ya, dengan rutin bersepeda secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh, sehingga membuat kita lebih muda dan menjaga tubuh tetap bugar. Aliran darah pada otot dan kulit yang mengandung oksigen akan semakin meningkat sehingga membuat tubuh kelihatan segar dan keliatan lebih muda. Bersepeda merupakan gaya hidup sehat dan merupakan kegiatan yang ideal karena dapat dilakukan oleh hampir semua usia.

Demikian kenapa bersepeda akan membuat tubuh anda sehat dan bugar, selamat mencoba.