Ternyata, Inilah Alasan Pemkab Blitar Raih Opini WTP Kembali

Ternyata, Inilah Alasan Pemkab Blitar Raih Opini WTP Kembali Pemkab Blitar Raih Opini WTP Kembali

Surabaya, 30/6/2020, Secara berturut-turut untuk keempat kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Penghargaan ini diberikan atas penilaian terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Blitar Tahun 2019.

Selain Kabupaten Blitar, terdapat 11 Kabupaten/Kota lain yang menerima penghargaan WTP. Dikutip dari bpkp.go.id, pemberian opini merupakan bentuk apresiasi dari BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan, selain pemberian rekomendasi lainnya. Laporan keuangan yang disusun oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah merupakan media akuntabilitas keuangan yang disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Opini Wajar tanpa pengecualian (biasa disingkat WTP) adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis WTP ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Joko Agus Setyono kepada Bupati Blitar, Rijanto, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut Rijanto didampingi Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, dan beberapa Kepala OPD seperti Inspektur dan Kepala BPKAD Kabupaten Blitar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada DPRD, ASN Kabupaten Blitar yang telah bekerja keras, serta dukungan dan doa seluruh masyarakat Kabupaten Blitar. Bagaimanapun juga hasil ini merupakan kerja keras kita semua untuk membangun Kabupaten Blitar agar menjadi lebih baik, lebih bersih, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto yang memiliki hobi bersepeda ini juga dikenal dengan sebutan Bupati “Jepang” dikalangan ASN Pemkab Blitar karena sosok yang pekerja kerasnya,  mengajak kepada semua pihak untuk terus bersinergi, dan menjaga kekompakan yang selama ini telah terjalin. WTP Kabupaten Blitar merupakan pelecut semangat untuk bekerja lebih keras, cerdas, dan baik lagi.