Bersepeda versus Jalan Kaki, Lebih Sehat yang Mana Sih?

Bersepeda versus Jalan Kaki, Lebih Sehat yang Mana Sih? Sehat Mana antara Jalan dan Bersepeda

Kamu mungkin memiliki teman atau anggota keluarga yang gemar olahraga jalan kaki setiap pagi. Kamu juga mungkin saja memiliki teman yang sangat senang bersepeda. Atau bisa juga salah satu dari olahraga tersebut adalah favorit kamu. Lalu, dari keduanya mana yang sebetulnya lebih baik?

Yuk simak penjelasannya.
Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Otago University di New Zealand dan Oxford University di Inggris, menyimpulkan kalau orang yang pergi ke suatu tempat dengan berjalan kaki cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan.

Makanan yang diproduksi jadi lebih banyak hingga jejak karbon meningkat, bahkan lebih banyak dari jejak karbon yang muncul dari mobil. Menurut mereka, bersepeda ke kantor jauh lebih sehat dan efisien dalam menghemat energi tubuh sehingga tubuh tak terlalu lapar dan mengonsumsi banyak makanan.

Jadi, benarkah bersepeda lebih sehat dibandingkan jalan kaki?
Berdasarkan penelitian dari University of Glasgow menyatakan, menggunakan sepeda menuju ke tempat kerja sangat baik untuk kesehatan. Aktivitas itu dikatakan dapat menurunkan resiko kematian dini 45 persen dan meminimalisir terkena kanker hingga 45 persen. Tak hanya itu, menggunakan sepeda secara rutin saat beraktivitas di luar ruangan dapat menekan resiko penyakit jantung juga.

Sementara itu, bagi kalian yang lebih suka berjalan kaki dari pada bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Meski besaran manfaatnya tidak setara yang dirasakan pesepeda. Berjalan kaki ke tempat kerja menurunkan resiko kematian dini sampai 27 persen. Bahkan bisa menurunkan resiko penyakit jantung, sebagaimana dilansir dari penelitian yang sama.

Tetapi, berjalan kaki tidak bisa menurunkan resiko kanker seperti halnya bersepeda. Bagi kamu yang memilih berjalan kaki, dianjurkan melakukan kegiatan itu minimal dua jam dalam satu minggu dengan kecepatan tiga mil per jam. Hasil yang lebih besar didapat jika semakin rutin melakukannya. Baik bersepeda maupun berjalan kaki sama-sama memiliki manfaat. Jauh lebih sehat dari pada mengendarai sepeda motor.

Jadi pilih mana? Sepeda atau jalan kaki? Jawab di Kolom Komentar ya kakak…