7 Cara Hidup Sederhana Yang Bikin Kamu Tetap Sehat

7 Cara Hidup Sederhana Yang Bikin Kamu Tetap Sehat Cara Hidup Sederhana Yang Bikin Kamu Tetap Sehat (img: pexels)

7 Cara Hidup Sederhana Yang Wajib Kamu Coba – Kesehatan tubuh wajib kita jaga, karena dengan sehat kita dapat melakukan aktifitas dengan nyaman. Banyak yang bilang kalau sehat itu mahal, yaa memang karena kita harus menjaganya. Untuk itu ayo kita terapkan pola hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini beberapa tips hidup sehat seperti yang dilansir dalam laman indtimes, supaya kamu bisa tetap bugar dan tidak mudah sakit:

Jangan Begadang
Rasul tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, karena hal itu beliau melarang makan dan berbincang setelah waktu salat isya. Jika waktunya untuk tidur datang, maka beliau akan cepat tidur. Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari kira-kira sesudah istirahat salat isya, yakni sekitar pukul 21.30 dan bangun pukul tiga pagi.

Sering Berpuasa
Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Tidak Mudah Marah
Tingkat kekuatan manusia tidak hanya terletak pada tubuh, tetapi juga kebersihan jiwa. Hal ini mengacu dalam sebuah nasehat Rasulullah sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Tidak mudah marah menunjukkan bahwa kamu memiliki kestabilan emosi yang baik, sehingga kamu juga tidak akan mudah stres. Ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

Menjaga Kebersihan
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Rasulullah sangat menjaga kebersihan dan kerapian. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi. Beliau juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara bersiwak.

Menjaga Pola Makan
Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, artinya beliau tidak berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan. Rasulullah di pagi hari suka mengkonsumsi segelas air dingin yang dicampur madu asli dan diwaktu dhuha beliau mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa. Selain itu, Rasulullah SAW. juga mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran.

Rajin Berolahraga
Rasulullah pernah melakukan olahraga seperti lomba lari, berkuda, bergulat dan juga memanah. Beliau mengetahui manfaat dan pentingnya olahraga bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Baca juga: 3 Rahasia Manfaat Bersepeda Yang Wajib Kamu Tahu

Berjalan Kaki
Rasulullah selalu berjalan kaki menuju tempat-tempat yang memang masih bisa ditempuh dengan perjalanan kaki. Seperti saat ke masjid, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya. Berjalan kaki dapat membuat berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah.