Federal, Sepeda Klasik yang Tetap Jadi Idola

Federal, Sepeda Klasik yang Tetap Jadi Idola Sepeda Klasik yang Tetap Jadi Idola

Federal, ya.. siapa yang tak kenal dengan sepeda klasik tersebut. Sepeda ini diproduksi oleh PT Federal Cycle Mustika (FCM) sejak tahun 1986 terakhir diproduksi 1996. Meski tergolong klasik, sepeda ini bisa dibilang fenomenal bahkan sampai sekarang masih banyak digemari dan dirawat. Selain jadi barang koleksi, sepeda federal juga jadi sarana hobi. Bagi komunitas sepeda, memiliki sepeda Federal merupakan  kebanggaan tersendiri, karena merupakan produk dalam negeri dan dapat digunakan di segala medan. Karena sudah tidak diproduksi lagi dan diproduksi di tahun 1980-1990 an, sepeda ini menjadi barang antik dan banyak diburu. Keistimewaan lain dari sepeda Federal adalah kuat dan bisa  dipakai untuk berkendara jarak jauh atau touring serta lebih stabil jika dikendarai. Baca juga: Bersepeda Bikin Kamu Awet Muda

Sebenarnya apa sih keunggulan sepeda federal? Beberapa pengamat sepeda berpendapat, setidaknya ada dua keunggulan sepeda produksi FCM ini yaitu pada proses pengelasan dan pengecatannya. Pengelasan yang Federal lebih kuat dari pengelasan motor yaitu dengan las argon tig dan dikerjakan secara handmade.Sedangkan untuk pengecatan, dilakukan melalui 4 hingga 5 tahap, yaitu mulai dari cat dasar, cat tambahan, cat utama, decal, hingga coating. Pengecatan murni didesain oleh FCM, menggunakan spraygun khusus untuk menciptakan warna dan corak yang berbeda-beda.

Untuk pengkodean berdasarkan jenis sepeda, FCM menggunakan kode tertentu untuk merinci sepeda buatannya. Seperti contoh FMG 12 CX, artinya Federal-MTB-Gents grade 1 tahun 1992 Chromoly-Oversize. Semakin kecil angka grade maka dipastikan semakin bagus spesifikasinya.

Karena umur sepeda yang tergolong tua dan agar dapat dipergunakan dengan nyaman, para pengguna Federal banyak melakukan modifikasi. Untuk touring beberapa modifikasi yang dilakukan diantaranya dengan mengganti gearset, memodifikasi ukuran ban, serta menerapkan safety riding dengan melengkapi lampu depan dan belakang, menggunakan helm, bendera penanda, sarung tangan, kacamata, dan jas hujan.