Berikut 7 Aktifitas Quality Time Yang Bikin Keluarga Lebih Harmonis

Berikut 7 Aktifitas Quality Time Yang Bikin Keluarga Lebih Harmonis Berikut 7 Aktifitas Quality Time Yang Bikin Keluarga Lebih Harmonis (img: pexels)

Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh setiap tanggal 29 Juni tahun ini diperingati di tengah masa pandemi covid-19. Namun demikian tentu momen Harganas ini tidak harus dirayakan dengan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, namun bisa kita jadikan sebagai refleksi diri sejauh mana kita menghabiskan waktu berkualitas atau quality time bersama keluarga.

Tentu hal ini memerlukan kemauan dan konsistensi orang tua, sedangkan anak pasti akan meniru kebiasaan orang tuanya. Orang tua yang membangun hubungan baik dengan anak, pasti akan diikuti anak dengan berusaha menjaga hubungan dengan orang tuanya.

Quality time yang biasa disebut juga dengan bonding time atau waktu mempererat hubungan keluarga, dapat dilakukan secara sederhana, tidak memerlukan persiapan khusus, dan dapat dilakukan disela-sela kegiatan rutin di rumah. Berikut beberapa kegiatan sederhana yang dapat menciptakan quality time untuk keluarga anda:

1. Mengantar Anak Sekolah Setiap Pagi
Ketika berangkat sekolah, akan terjalin kedekatan antara orang tua dengan anak. Saling bercerita selama perjalanan  dapat menjadi proses untuk saling mendekatkan.

2. Makan Bersama
Makan Bersama keluarga dalam satu meja atau dalam satu ruangan menjadi momen untuk saling berdiskusi dan bercerita antar anggota keluarga apalagi bila dilanjutkan dengan menikmati minum teh hangat bersama, ngobrol akan semakin gayeng.

3. Melakukan Pekerjaan Rumah
Melakukan pekerjaan rumah secara bersama-sama tentu memiliki banyak kelebihan. Ibu yang biasa mengerjakan rumah seorang diri akan merasa terbantu. Selain itu, dengan bekerjasama, pekerjaan akan menjadi ringan dan mengajarkan anak berjiwa sosial, saling menghargai dan saling membantu.

4. Menemani Anak Bermain
Kelihatannya sepele, namun kehadiran orang tua akan menambah kepercayaan diri seorang anak apalagi jika orang tua ikut bermain bersama. Anak akan merasa senang dan nyaman.

5. Olahraga Bersama
Berolah raga Bersama menjadi salah satu favorit menciptakan quality time. Tidak harus olah raga mewah namun dapat dilakukan secara sederhana misalkan jalan sehat bersama, bersepeda keliling taman atau kampung, ataupun renang bersama. Selain menyehatkan, olah raga bersama keluarga akan mendekatkan hubungan antar anggota keluarga.

6. Berkebun
Berkebun mengajarkan anak cinta lingkungan, cinta alam, dan juga cinta kebersihan. Dengan berkebun Bersama sambil bercerita atau berdiskusi mengenai tanaman, bunga atau media tanamnya, akan menambah wawasan anak terhadap tanaman dan memupuk anak untuk selalu cinta lingkungan.

7. Aktifitas Sebelum Tidur
Aktifitas bersama di kamar keluarga sebelum tidur banyak dilakukan dan pada beberapa keluarga sudah menjadi tradisi. Biasanya anggota keluarga berkumpul bersama, sekedar rebahan, bercerita, hingga bercanda.

Demikian beberapa kegiatan yang dapat menciptakan quality time untuk keluarga anda, jangan lupa hindari bermain gadget secara berlebihan agar  quality time tetap terjaga. Gunakan setidaknya hanya untuk dokumentasi saja. Selamat mencoba.