Cara Aman Liburan di Era Pandemi Covid-19

Cara Aman Liburan di Era Pandemi Covid-19 Cara Aman Liburan di Era Pandemi Covid-19

Setelah sekian bulan ini Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk mengerjakan banyak aktivitas hanya dengan dirumah saja, semakin lama tentu membuat kita jenuh dan bosan. Mengatasi hal itu pemerintah saat ini sedang mempersiapkan tatanan pola hidup new normal yang kini perlahan mulai diberlakukan, pastinya berbeda dengan sebelum munculnya pandemi Covid-19. Hal ini menuntut kita untuk beraktivitas seperti biasa, namun tetap menerapkan protokol kesehatan supaya tidak tertular Covid-19.

Seiring dengan diterapkannya era new normal, perlahan beberapa wilayah di Indonesia tengah bersiap untuk kembali membuka beberapa sektor salah satunya pariwisata. Ini merupakan kesempatan bagi kamu yang suka berlibur ke tempat wisata menjadi terbuka. Terlebih bagi kamu yang selama seminggu lelah bekerja atau setelah menjalani masa karantina.

Bagi kamu yang mau berliburan, simak baik-baik beberapa tips aman dalam liburan

1. Pastikan bahwa tubuh dalam kondisi sehat

Sebelum berlibur pastikan tubuh kamu dalam kondisi sehat, jangan sampai tubuh kamu mengalami gangguan kesehatan saat bepergian. Perlu diingat apabila kamu dalam kondisi tidak sehat dan bergejala sedikitpun pasti akan dicurigai orang sekitarmu. Jika perlu kamu bisa mengikuti rapid test atau swab secara mandiri dan hasil tes nanti dapat kamu bawa sebagai bukti bahwa kamu dalam kondisi sehat. Terlebih sebagian destinasi wisata ada yang mengharuskan pengunjung untuk menunjukan surat bebas Covid-19

2. Gunakan metode pembayaran non-tunai

Meskipun kamu harus membawa uang cash untuk berjaga-jaga ketika berliburan, namun ketika transaksi usahakan menggunakan pembayaran non tunai ya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pembayaran non tunai di smartphone kamu. Dengan begitu kontak fisik secara langsung dengan orang lain dapat kamu hindari. Namun perlu diperhatikan juga ya, ketika menggunakan pembayaran non-tunai jangan lupa dicatat agar budget liburanmu tidak melebihi batas.

3. Selalu menggunakan masker

Meskipun kamu dalam kondisi sehat kamu bisa saja terinfeksi dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Maka dari itu selalu gunakan masker, terutama ditempat-tempat umum untuk mengurangi resiko tertularnya Covid-19. Kalaupun kamu tidak memakai masker pasti orang lain akan ragu-ragu untuk berinteraksi denganmu. Namun jangan lupa ya, pastikan kamu membawa masker cadangan apabila masker yang kamu pakai saat ini terkena kotoran.

4. Membawa perlengkapan kesehatan

Selain menggunakan masker kamu juga harus mempersiapkan alat-alat kesehatan lainnya semacam hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, kaos tangan serta obat-obatan pribadi seperti vitamin dan sebagainya. Untuk kamu yang liburannya menggunakan transportasi umum, pastikan kamu sudah menyemprot cairan disinfektan atau mengelap dengan tisu pada area tempat dudukmu.

5. Siapkan bekal untuk dikonsumsi

Untuk menjamin kebersihan makanan alangkah baiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah saat liburan. Selain lebih hemat, makanan dan minuman yang kamu bawa pasti lebih higienis ketika dikonsumsi ketimbang jajan di lokasi wisata

6. Menjauhi kerumunan dan tetap menjaga jarak

Untuk kamu yang sedang liburan, usahakan untuk tetap menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain ya, minimal 1 meter. Tanpa harus mengurangi momen kebahagiaan liburanmu, kamu tetap bisa berinteraksi kok dengan bertatap muka, walaupun harus berjarak.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips aman yang bisa kamu siapkan untuk melakukan liburan di masa new normal pandemi Covid-19. dan ingatlah selalu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati ya.

Jadi sudah siapkan kamu untuk melakukan liburan di era new normal kali ini?