5 Alasan Mac OS Lebih Diminati Ketimbang Windows

5 Alasan Mac OS Lebih Diminati Ketimbang Windows Kelebihan Mac OS dibanding Windows

5 Kelebihan Mac OS dibanding dengan Windows – Mac OS merupakan sistem operasi perangkat komputer atau laptop yang dikeluarkan oleh Apple Inc. yang digunakan pada lini perangkat komputer baik untuk seri Macbook (laptop) maupun iMac (Desktop). Sudah bukan menjadi rahasia kalau laptop keluaran Apple Inc baik itu Macbook Pro maupun Macbook Air sangat digemari banyak kalangan, terlebih saat ini yang kini dalam masa New Normal Pandemi Covid-19. Mulai dari pelajar, mahasiswa, bisnisman sampai pekerja industri kreatif banyak menggunakan Macbook untuk mendukung aktivitas mereka.

Dari segi OS, tidak dapat dipungkiri Windows yang merupakan OS keluaran Microsoft lebih populer dan lebih mendapatkan tempat di tanah air. Namun disisi lain Mac OS memiliki kelebihan-kelebihan yang patut dipertimbangkan dibandingkan dengan OS Windows.

Apa saja kelebihan Mac OS dibandingkan dengan Windows?

  1. Mac OS lebih Simple dan Mudah Digunakan. Desain OS besutan Apple memang dibuat se-simple mungkin sehingga mempermudah penggunanya untuk mengoperasikan perangkat yang mereka pakai. Update OS yang diterapkan tidak serta merta merubah fungsi dan tampilan dari OS versi sebelumnya secara radikal sehingga tidak banyak mempengaruhi user experience yang telah terbemntuk dari satu versi ke versi berikutnya. Posisi Dock, Menu, Navigation dan Experience secara global tetap dipertahankan agar pengguna tidak pusing untuk mempelajari sistem operasi dengan tampilan yang baru. Beberapa contoh fungsi yang cukup memudahkan pengguna Mac OS adalah fungsi pada Touchpadnya (seri Macbook) yang juga sudah dipatenkan oleh Apple Inc dan menjadi contoh produsen laptop lainnya.
  2. Mac OS Cenderung lebih Secure/Aman. Aspek keamanan saat ini cukup menjadi perhatian setelah beberapa kali terjadi serangan virus/malware yang menyerang instansi pemerintahan ataupun pihak swasta yang sangat merugikan dan memiliki impact yang signifikan. Kebanyakan serangan virus/malware cenderung ditujukan untuk OS Windows daripada untuk Mac OS. Hal ini sejalan dengan popularitas Windows yang lebih banyak digunakan dari pada Mac OS. Selain karena popularitasnya yang rendah, Mac OS juga banyak menerapkan fitur keamanan seperti selalu menerapkan password ketika hendak melakukan penggantian file system dan ada fitur system integrity protection yang semakin mempersempit virus/malware untuk bergerak menyerang Mac OS. Tetapi belum sepenuhnya pengguna Mac OS bisa bersenang diri karena tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan menjadi target sasaran virus/malware. Jadi, tetap pastikan Mac OS anda selalu update dan memasang anti virus pada perangkat anda.
  3. Mac OS Lebih Stabil. Karena Mac OS hanya dipakai pada perangkat keluaran Apple Inc. maka tidak heran jika ada sinergi yang baik antara perangkat lunak (OS) dan Perangkat kerasnya. Hal ini menghasilkan proses yang sangat stabil dan smooth saat mengoperasikan perangkat dari Apple Inc. Stability sangat penting bagi pengguna yang membutuhkan proses multitasking sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang dilakukan.
  4. Tidak ada Bloatware. Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang telah terinstall pada sebuah OS yang sangat jarang digunakan dan bahkan cenderung tidak berguna bagi pengguna perangkat tersebut. Bloatware diinstal oleh vendor pembuat perangkat untuk kepentingan tertentu misalkan kontrak dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan vendor tersebut. Misalkan ketika kita install OS Windows terdapat aplikasi Antivirus trial atau Office trial yang sudah terinstall yang kadang kita tidak membutuhkan. Sedangkan pada Mac OS kita hanya akan mendapati aplikasi bawaan yang memang di produksi oleh Apple Inc dan sangat fungsional. Hal ini sangat penting untuk menghemat space pada storage perangkat kita.
  5. Fitur Andalan Mac OS yaitu Free Upgrade. Upgrade versi OS sangat penting kita lakukan untuk mendapatkan fitur-fitur paling update yang dapat mendukung kinerja dari perangkat kita. Apple Inc memberlakukan free upgrade (tanpa tambahan biaya) setiap kali ada versi Mac OS yang release. Berbeda dari Windows yang mengharuskan kita membeli license ketika kita melakukan upgrade ke versi Windows terbaru.

Baca Juga : Apa saja kelebihan Macbook Pro 16 inch terbaru, cari disini! 

Demikian beberapa kelebihan Mac OS dibandingkan dengan Windows, semoga bisa menjadi pertimbangan ketika akan membeli produk perangkat komputer/laptop.