2020-2021, Rekrutmen CPNS Ditiadakan, Benarkah?

2020-2021, Rekrutmen CPNS Ditiadakan, Benarkah? Jadwal Lengkap Pelaksanaan Rekrutmen CPNS 2019

Wabah Covid-19 ternyata tidak berdampak pada sektor kesehatan dan perekonomian, tetapi berdampak juga pada sektor pemerintah, dimana rencana rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 dan 2021.

Berada di Kawasan Gedung DPR RI (6/7), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa penerimaan CPNS dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak akan ada proses penerimaan maupun seleksi CPNS pada tahun 2020 ini maupun tahun 2021 mendatang. “Rekrutmen CPNS 2 tahun ini tidak ada,” ungkap Menpan RB.

Akan tetapi, Tjahjo menambahkan, untuk penerimaan sekolah kedinasan yang memang sudah terprogram tetap akan dilaksanakan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil)akan tetap berjalan seperti biasa di 2021.

Tjahjo menambahkan, saat ini Presiden Jokowi meminta kepada seluruh menteri untuk melakukan penyederhanaan birokrasi serta mempercepat proses perizinan, sehingga kebutuhan pegawai akan memaksimalkan PNS yang telah ada. Di sisi lain, langkah tersebut juga dapat memangkas anggaran.

Saat ini pemerintah telah menunda Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi CPNS tahun 2019. Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS Formasi Tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 19 Mei lalu melalui rapat online, rencananya tes SKB formasi 2019 akan dilaksanakan pada Agustus 2020 atau setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan formasi tahun 2020.

Namun demikian, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menyampaikan bahwa kabar yang beredar di masyarakat tersebut belum resmi. Sampai dengan saat ini BKN belum menetapkan jadwal pelaksanaan SKB. “Nanti kalua sudah keluar keputusan resminya, pasti akan kami sampaikan ke publik,” imbuhnya pada Minggu (5/7).