TOP News
Home » Regional » 2020-2021, Rekrutmen CPNS Ditiadakan, Benarkah?
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Rekrutmen CPNS 2019

2020-2021, Rekrutmen CPNS Ditiadakan, Benarkah?

Wabah Covid-19 ternyata tidak berdampak pada sektor kesehatan dan perekonomian, tetapi berdampak juga pada sektor pemerintah, dimana rencana rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 dan 2021.

Berada di Kawasan Gedung DPR RI (6/7), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa penerimaan CPNS dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak akan ada proses penerimaan maupun seleksi CPNS pada tahun 2020 ini maupun tahun 2021 mendatang. “Rekrutmen CPNS 2 tahun ini tidak ada,” ungkap Menpan RB.

Akan tetapi, Tjahjo menambahkan, untuk penerimaan sekolah kedinasan yang memang sudah terprogram tetap akan dilaksanakan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil)akan tetap berjalan seperti biasa di 2021.

Tjahjo menambahkan, saat ini Presiden Jokowi meminta kepada seluruh menteri untuk melakukan penyederhanaan birokrasi serta mempercepat proses perizinan, sehingga kebutuhan pegawai akan memaksimalkan PNS yang telah ada. Di sisi lain, langkah tersebut juga dapat memangkas anggaran.

Saat ini pemerintah telah menunda Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi CPNS tahun 2019. Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS Formasi Tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 19 Mei lalu melalui rapat online, rencananya tes SKB formasi 2019 akan dilaksanakan pada Agustus 2020 atau setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan formasi tahun 2020.

Namun demikian, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menyampaikan bahwa kabar yang beredar di masyarakat tersebut belum resmi. Sampai dengan saat ini BKN belum menetapkan jadwal pelaksanaan SKB. “Nanti kalua sudah keluar keputusan resminya, pasti akan kami sampaikan ke publik,” imbuhnya pada Minggu (5/7).

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »