WHO Akui Corona Menyebar Lewat Udara, Bagaimana Cara Menghadapinya?

WHO Akui Corona Menyebar Lewat Udara, Bagaimana Cara Menghadapinya? Ilustrasi Rapid Test Covid-19 (Deteksi Covid 19 Dengan Tes Antibodi) (img: pexels)

DIWARTA (Virus Corona Menyebar Melalui Udara, Benarkah?)- WHO mengakui penularan Corona yang melalui lewat udara. Pemimpin teknis untuk pencegahan dan pengendalian infeksi WHO, Benedetta Allegranzi mengatakan bahwa ada bukti yang muncul tentang transmisi virus corona lewat udara, tetapi tidak definitif. Hanya saja penelitian lebih lanjut masih dilakukan.

Dikutip dari kompas.com “Kemungkinan akan adanya transmisi lewat udara di lingkungan publik – khususnya di kondisi yang sangat spesifik, padat, tertutup dan berventilasi buruk telah dideskripsikan, (dan) tidak bisa dikesampingkan,” ujarnya, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (7/7/2020).

Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko penularan ketika virus menyebar melalui udara ?

Para ahli dalam laporan New York Times menyarankan agar lebih memilih kegiatan dilakukan di luar ruangan. Menurut ahli kondisi ini lebih baik dibanding di dalam ruangan seperti pub atau restoran dengan banyak orang dan sirkulasi udara yang buruk.

Penggunaan masker di luar ruangan juga tetap diperlukan untuk perlindungan yang lebih maksimal. Gantilah masker setiap jam tertentu. Selain itu gunakan filter pada pendingin udara (AC) dan menyesuaikan pengaturan untuk lebih banyak menggunakan udara segar demi sirkulasi yang sehat. Ikuti dengan langkah berjemur setiap hari karena sinar ultraviolet berfungsi membunuh virus.

Corona Virus (Covid-19)

Corona Virus (Covid-19)