Tak Suka Buah Apel? Simak Dulu 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Tak Suka Buah Apel? Simak Dulu 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Khasiat Utama Buah Apel – Apel merupakan salah satu buah yang sangat familiar dan banyak dijumpai dimanapun kamu berada baik di pasar tradisional, pasar modern seperti swalayan bahkan supermarket. Buah ini disukai oleh banyak orang selain rasanya yang manis dan terlihat segar, buah ini juga menyehatkan jika dikonsumsi dengan teratur.

Kandungan vitamin dalam buah apel diantaranya adalah Vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1. Satu buah apel berukuran sedang (kira-kira 180 gram) mengandung 8,4 mg vitamin C. Satu apel berukuran sedang hanya mengandung 95 kalori. Apel juga tinggi polifenol yang memiliki efek antioksidan, antioksidan ini ditemukan baik di kulit dan daging buah apel.

Manfaat Buah Apel dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satu alasannya adalah karena apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Nutrisi dalam buah apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Antioksidan ini banyak terkonsentrasi di kulitnya. Salah satu polifenol ini adalah flavonoid epicatechin, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Untuk mengkonsumsinya tidak harus dalam bentuk buah, namun kamu dapat mengolahnya menjadi seperti keripik apel, jus apel, selai apel dan masih banyak lainnya. Sebenarnya apa saja sih manfaat yang terkandung dalam buah apel untuk kesehatan tubuh, yuk simak ulasan yang telah dilansir dari berbagai sumber:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung – Manfaat apel apabila rutin mengkonsumsi satu atau dua buah per hari disinyalir mampu memperkecil risiko terserangnya penyakit jantung serta menurunkan kolesterol. Selain itu mampu mengurangi peradangan dan penyumbatan pada dinding pembuluh arteri. Perlu kamu ketahui bahwa kandungan serat seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati) serta antioksidan yang terdapat pada buah apel mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di lapisan dinding pembuluh darah arteri.
  2. Menurunkan Risiko Diabetes – Dengan mengkonsumsi satu buah apel disinyalir dapat menurunkan 28% risiko diabetes tipe 2, daripada tidak mengkonsumsi sama sekali. Hal ini dikarenakan oleh kandungan zat polifenol pada buah apel mampu mencegah terjadinya kerusakan sel beta pada pankreas. Sedangkan insulin yang dihasilkan dari sel beta akan sering rusak apabila seseorang menderita diabetes tipe 2
  3. Mencegah Penyakit Stroke – Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association telah ditemukan fakta menarik bahwa buah dengan daging berwarna putih mencerminkan adanya senyawa Phytochemical yang memiliki manfaat seperti Flavanoid dan karotenoid (warna merah, kuning & oranye pada buah dan sayur) dimana keduanya berperan sebagai antioksidan.
  4. Mencegah Risiko Kanker – Kandungan senyawa antosianin serta antioksidan yang terdapat pada apel memiliki sifat anti kanker, sehingga mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat berperan penting untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru dan kanker usus. Walaupun demikian manfaat buah apel untuk mencegak kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.
  5. Memperkecil Terbentuknya Batu Empedu – Penyakit batu empedu disebabkan akibat endapan kolesterol yang berada di kantung empedu. Penderita penyakit ini disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti yang terkandung pada buah apel supaya penyakit batu empedu tidak semakin memburuk.

Nah, itu tadi merupakan beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat yang terkandung pada buah apel. Jadi sudah tau kan manfaat yang terkandung pada buah apel bagi kesehatan tubuh. Ayo konsumsi secara rutin mulai sekarang ya.