TOP News
Home » Foods » Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan
Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan

Salah satu buah yang memiliki perpaduan rasa manis, sedikit asam dan segar adalah leci. Leci adalah buah yang tumbuh di daerah tropis seperti di beberapa negara asia tenggara. Buah ini sangat familiar di Indonesia. Selain untuk jus, buah ini dijadikan juga campuran minuman, ataupun topping makanan dan minuman. Leci mengandung berbagai macam mineral dan nutrisi seperti kalori, protein, dan karbohidrat. Beberapa vitamin dalam buah leci diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, tembaga hingga antioksida polifenol. Tentu saja kandungan-kandungan tersebut memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut 6 manfaat buah leci untuk kesehatan anda:

  1. Meningkatkan Imun – Kandungan vitamin C pada buah Leci cukup tinggi. Dengan mengonsumsi satu buah leci, akan memenuhi 9% kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengonsuksi buah leci secara rutin tentu dapat memperkuat daya tahan tubuh.
  2. Menyehatkan Jantung – Salah satu zat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah polifenol. Leci kaya akan kandungan polifenol, ditambah lagi kandungan lainnya seperti flavonoid, tembaga, dan kalium juga sangat baik untuk kesehatan jantung.
  3. Mencegah Penyakit Kanker – Kandungan flavonoid pada buah leci yang cukup tinggi ternyata dapat mengurangi resiko munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin, selain menjaga kesehatan jantung, juga dapat mengurangi resiko kangker.
  4. Membantu menurunkan berat badan – Buah leci berkhasiat juga untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan ekstrak buah leci mampu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada perut karena kandungan polifenolnya yang tinggi.
  5. Meningkatkan Kepadatan Tulang – Mengonsumsi buah leci yang banyak mengandung kalium, diyakini dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jadi, selain untuk kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat pada buah leci juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf.
  6. Mengatasi Sembelit – Buah leci memiliki kandungan serat yang dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan. Karenanya, mengonsumsi buah leci dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

Efek Samping Makan Buah Leci – Konsumsi buah leci dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan rasa rasa panas dalam tubuh yang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh. Akibatnya, seseorang mungkin akan mengalami hidung berdarah, sakit tenggorokan, sakit mulut dan lainnya. Oleh karena itu dalam mengonsumsi buah leci kita harus bijak dan secukupnya saja. Buah leci yang dikonsumsi dengan wajar tak terlalu menimbulkan efek samping untuk kesehatan.

Demikian 6 manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »