Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan

Manfaat Buah Leci dan Efek Samping terhadap kesehatan Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil

Salah satu buah yang memiliki perpaduan rasa manis, sedikit asam dan segar adalah leci. Leci adalah buah yang tumbuh di daerah tropis seperti di beberapa negara asia tenggara. Buah ini sangat familiar di Indonesia. Selain untuk jus, buah ini dijadikan juga campuran minuman, ataupun topping makanan dan minuman. Leci mengandung berbagai macam mineral dan nutrisi seperti kalori, protein, dan karbohidrat. Beberapa vitamin dalam buah leci diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, tembaga hingga antioksida polifenol. Tentu saja kandungan-kandungan tersebut memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut 6 manfaat buah leci untuk kesehatan anda:

  1. Meningkatkan Imun – Kandungan vitamin C pada buah Leci cukup tinggi. Dengan mengonsumsi satu buah leci, akan memenuhi 9% kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengonsuksi buah leci secara rutin tentu dapat memperkuat daya tahan tubuh.
  2. Menyehatkan Jantung – Salah satu zat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah polifenol. Leci kaya akan kandungan polifenol, ditambah lagi kandungan lainnya seperti flavonoid, tembaga, dan kalium juga sangat baik untuk kesehatan jantung.
  3. Mencegah Penyakit Kanker – Kandungan flavonoid pada buah leci yang cukup tinggi ternyata dapat mengurangi resiko munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin, selain menjaga kesehatan jantung, juga dapat mengurangi resiko kangker.
  4. Membantu menurunkan berat badan – Buah leci berkhasiat juga untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan ekstrak buah leci mampu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada perut karena kandungan polifenolnya yang tinggi.
  5. Meningkatkan Kepadatan Tulang – Mengonsumsi buah leci yang banyak mengandung kalium, diyakini dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jadi, selain untuk kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat pada buah leci juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf.
  6. Mengatasi Sembelit – Buah leci memiliki kandungan serat yang dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan. Karenanya, mengonsumsi buah leci dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

Efek Samping Makan Buah Leci – Konsumsi buah leci dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan rasa rasa panas dalam tubuh yang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh. Akibatnya, seseorang mungkin akan mengalami hidung berdarah, sakit tenggorokan, sakit mulut dan lainnya. Oleh karena itu dalam mengonsumsi buah leci kita harus bijak dan secukupnya saja. Buah leci yang dikonsumsi dengan wajar tak terlalu menimbulkan efek samping untuk kesehatan.

Demikian 6 manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.