Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Manfaat Serai Untuk Kesehatan Manfaat dan Khasiat Sereh atau Serai Untuk Kesehatan

Manfaat Serai  – Serai atau serah adalah tumbuhan yang ssering digunakan untuk penambah citarasa masakan. Serai merupakan jenis tanaman dengan tangkai daun yang panjang. Minyak esensial yang dihasilkan oleh serai juga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati. Sereh memiliki aroma segar mirip dengan lemon yang menyegarkan.

Ternyata serai memiliki manfaat untuk digunakan sebagai pengobatan herbal. Manfaat serai didapat dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Sereh memiliki kandungan senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Manfaat daun serai dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Apa manfaat rebusan air serai?
Air rebusan serai dapat digunakan untuk minuman, minuman ini berfungsi sebagai detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang berkhasiat untuk pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

Apa manfaat jahe sama sereh / serai?
Serai dan jahe juga dikenal khasiatnya untuk menurunkan kolesterol. Sejumlah studi mengungkapkan konsumsi jahe dan serai bisa menunjukkan pengurangan kolesterol total dan trigliserida darah. Tingginya kadar LDL lipoprotein (kolesterol “jahat”) terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Meski kandungan vitamin dalam serai relatif kecil, serai mengandung berbagai mineral yang membantu dalam pengobatan medis. Serai umumnya dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi minyak untuk mengobati sakit kepala dan nyeri muskuloskeletal. Ekstrak minyak sereh juga seringkali dimanfaatkan sebagaui aroma terapi untuk mengibati nyeri otot, infeksi, pilek, atau gejala flu. Selain itu, daun serai juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit berikut: hipertensi epilepsi saki perut rematik kelelahan antiseptik batuk reumatik demam diabetes.

Khasiat serai untuk kesehatan:

  • Detoksifikasi Tubuh – Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah serai dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.
  • Mengurangi Resiko Kanker – Kandungan citral dalam serai memiliki manfaat serai bagi kesehatan yang memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. beberapa komponen serai dapat membantu melawan sel kanker.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan – Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.
  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi – Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang bisa meningkatkan produksi urin dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.
  • Membantu Mengurangi Kecemasan – Banyak orang telah menemukan manfaat bahwa meminum teh sereh dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan anda. Aroma serai dipercaya dapat membantu orang untuk mengatasi kecemasan.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan – Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Banyak sekali bukan manfaat dari serai ini, penjelasan diatas masih beberapa manfaat serai yang dapat diambil. Manfaat serai masih banyak lagi seperti membuat pencernaan lebih sehat, anti peradangan, meredakan gejala menstruasi dan lain sebagainya.