Segudang Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Manusia

Segudang Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Manusia

Secang adalah tumbuhan yang dimanfaatkan kulit kayu dan kayunya sebagai rempah-rempah. Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Selain untuk menghangatkan tubuh, wedang secang ternyata menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan manusia. Apa saja ya manfaat kayu secang bagi kesehatan manusia ? Berikut beberapa manfaat kayu secang bagi kesehatan manusia :

1.Memiliki Efek Antiradang dan Memicu Sistem Imun

Dari pengujian yang dilakukan pada 130 obat-obatan herbal, kayu secang menjadi bahan obat herbal yang bisa mencegah penghambatan aktivitas hyaluronidase. Hyaluronidase adalah protein yang dirancang secara genetik untuk dapat menyebabkan atau menimbulkan peradangan.

2.Antibakteri

Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri

3.Antialergi

Khasiat kayu secang berikutnya yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan antialergi yang sangat efektif. Kelebihan ini merupakan hasil dari senyawa kalkon yang juga terkandung dalam kayu secang. Menurut beberapa studi, konsumsi air rebusan secang secara rutin terbukti dapat melemahkan hingga menghilangkan efek alergi apapun yang dirasakan tubuh.

4.Membantu Dalam Mengatasi Masalah Jerawat

Mencuci muka dengan air rebusan kayu secang bisa membantu Anda untuk mengatas jerawat. Manfaat kayu secang ini karena muncul berkat kandungan brazilein. Brazilein adalah pigmen merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam penelitian, kandungan ini dianggap mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat.

5.Meningkatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus dirawat karena berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan penyakit. Anda bisa memperkuat imun tubuh dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang. Karena, kayu secang diketahui mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Kandungan tersebutlah yang dapat meningkatkan imun tubuh Anda dan menghindarkan dari kerusakan sel-sel tubuh secara oksidatif.

6.Mengobati Diabetes

Kayu secang memiliki kandungan senyawa brazilin yang dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kayu secang juga mengandung senyawa penting lainnya seperti brazilinkaesalpin Psappankalkon, dan protosappanin A. Senyawa-senyawa penting tersebut berfungsi untuk menghambat produksi enzim aldosa reduktase yang menjadi penyebab komplikasi diabetes. Itulah kenapa manfaat kayu secang ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Banyak sekali bukan manfaat dari kayu secang ? Anda dapat mengkonsumsi kayu secang yang dibuat wedang untuk menjaga kesehatan tubuh anda.