Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Buah naga atau dragon fruit merupakan buah yang sudah umum diketahui dan dikonsumsi masyarakat, bentuknya yang unik dan memiliki kulit yang tampak bersisik berwarna merah serta pohon yang hampir mirip dengan tanaman kaktus. Jika dilihat dari warna dagingnya buah ini memiliki 2 jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Rasa khas pada buah naga ini seakan-akan memiliki perpaduan antara rasa manis, asam, gurih dan segar. Selain dagingnya dapat dikonsumsi langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi semacam jus, keripik, selai dan masih banyak lagi. Selain itu warna merah pada buah naga ini juga bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan.

Buah naga juga kaya akan nutrisi seperti vitamin c, protein, karbohidrat, kalsium,zat besi dan masih banyak lainnya. tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak yuk 5 manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh :

1. Mengurangi Risiko Kanker
Buah naga dapat mencegah terjadinya kanker karena mengandung lycopene. Lycopene yang berfungsi sebagai penyedia warna merah pada buah naga terbukti bisa mengurangi risiko terjadinya kanker prostat. Selain itu kandungan antioksidan hytoalbumin juga membantu dalam membentuk radikal bebas karsinogenik pada tubuh.

2. Mengurangi Risiko Diabetes
Kandungan antioksidan pada buah naga juga berfungsi mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus atau kencing manis karena mampu menghancurkan sel-sel jahat yang sebelumnya dihasilkan dari makanan yang kurang sehat. Walaupun ada rasa manis namun buah naga ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kadar gula yang terkandung sangatlah kecil.

3. Mencegah Risiko Serangan Jantung dan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan Lycopene pada buah naga selain dapat mencegah kanker juga berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga juga mampu mengurangi gangguan kardiovaskular pada jantung.

4. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan
Kandungan serat atau fiber yang tinggi pada buah naga dapat membantu mengobati kontipasi atau sembelit dan memperlancar proses pencernaan sekaligus kesehatan saluran pencernaan.

5. Mencegah dan Mengatasi Anemia atau Kekurangan Darah
Buah naga kaya akan Kandungan zat besi serta vitamin C sehingga mampu untuk meningkatkan hemoglobin dan eritrosit dalam tubuh sehingga mampu mencegah dan mengatasi anemia atau kurang darah.

Nah, itu tadi adalah 5 manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak dan segar ternyata buah naga juga memiliki banyak manfaat kan, jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi ya.