TOP News
Home » Regional » Hari Koperasi Ke-73, Ini 3 Inisiatif Kemenkop UKM dalam Penguatan dan Modernisasi Koperasi
Hari Koperasi Ke-73

Hari Koperasi Ke-73, Ini 3 Inisiatif Kemenkop UKM dalam Penguatan dan Modernisasi Koperasi

Saat ini Bangsa Indonesia tengah mengahadapi pandemi covid-19, dimana pertumbuhan ekonomi nasional mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat. Dunia koperasi dan umkm mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran, hingga pembiayaan. Untuk itu diperlukan inovasi-inovasi, inisiatif-inisiatif untuk menghadapi tantangan ini.

Berikut 3 inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM dalam penguatan dan modernisasi koperasi yang disampaikan dalam sambutannya di Hari Koperasi, 12 Juli 2020 ini:

Perbaikan kemudahan berusaha
Langkah ini diambil untuk memungkinkan koperasi dapat mengakses pasar, pembiayaan, serta kapasitas usaha seluas-luasnya. Koperasi diharapkan dapat masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional yaitu pangan, komoditi, maritim, pariwisata, industri pengolahan, dan industri kreatif. Semua jenis usaha koperasi  harus berada pada kesatuan ekosistem yang terintegrasi satu sama lainnya. Di tengah pandemi Covid-19, koperasi diharapkan dapat menjadi partner pemerintah untuk menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Menyusun Strategi Nasional UMKM dan Koperasi
Strategi ini merupakan kebijakan yang mewadahi kerja kolaboratif pemangku kebijakan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, konsorsium baik swasta maupun BUMN. Strategi tidak terbatas pada pendidikan, pelatihan, namun juga pendampingan koperasi memanfaatkan teknologi digital. Digitalisasi koperasi diaharapkan dapat menjadi bagian dari perbaikan proses bisnis, tata kelola, dan modernisasi pelayanan.

Penyiapan sistem pengawas dan penjamin investasi di koperasi
Turbelensi ekonomi di masa pandemi covid-19 ini memberikan pelajaran berharga bahwa koperasi sektor keuangan atau simpan pinjam sangat rentan dan mudah terkontraksi, untuk itu diperlukan Sistem Pengawas dan Penjamin investasi di koperasi.

Demikian 3 inisistif penguatan dan modernisasi koperasi, selanjutnya Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.¬† Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.¬† Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »