Hari Koperasi Ke-73, Ini 3 Inisiatif Kemenkop UKM dalam Penguatan dan Modernisasi Koperasi

Hari Koperasi Ke-73, Ini 3 Inisiatif Kemenkop UKM dalam Penguatan dan Modernisasi Koperasi Hari Koperasi Ke-73

Saat ini Bangsa Indonesia tengah mengahadapi pandemi covid-19, dimana pertumbuhan ekonomi nasional mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat. Dunia koperasi dan umkm mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran, hingga pembiayaan. Untuk itu diperlukan inovasi-inovasi, inisiatif-inisiatif untuk menghadapi tantangan ini.

Berikut 3 inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM dalam penguatan dan modernisasi koperasi yang disampaikan dalam sambutannya di Hari Koperasi, 12 Juli 2020 ini:

Perbaikan kemudahan berusaha
Langkah ini diambil untuk memungkinkan koperasi dapat mengakses pasar, pembiayaan, serta kapasitas usaha seluas-luasnya. Koperasi diharapkan dapat masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional yaitu pangan, komoditi, maritim, pariwisata, industri pengolahan, dan industri kreatif. Semua jenis usaha koperasi  harus berada pada kesatuan ekosistem yang terintegrasi satu sama lainnya. Di tengah pandemi Covid-19, koperasi diharapkan dapat menjadi partner pemerintah untuk menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Menyusun Strategi Nasional UMKM dan Koperasi
Strategi ini merupakan kebijakan yang mewadahi kerja kolaboratif pemangku kebijakan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, konsorsium baik swasta maupun BUMN. Strategi tidak terbatas pada pendidikan, pelatihan, namun juga pendampingan koperasi memanfaatkan teknologi digital. Digitalisasi koperasi diaharapkan dapat menjadi bagian dari perbaikan proses bisnis, tata kelola, dan modernisasi pelayanan.

Penyiapan sistem pengawas dan penjamin investasi di koperasi
Turbelensi ekonomi di masa pandemi covid-19 ini memberikan pelajaran berharga bahwa koperasi sektor keuangan atau simpan pinjam sangat rentan dan mudah terkontraksi, untuk itu diperlukan Sistem Pengawas dan Penjamin investasi di koperasi.

Demikian 3 inisistif penguatan dan modernisasi koperasi, selanjutnya Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.