Ragam Manfaat Minuman Jahe

Ragam Manfaat Minuman Jahe

Di antara tanaman herbal lainnya, jahe termasuk tanaman yang paling populer dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Jahe merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Tidak hanya bumbu dapur, jahe menjadi tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional bagi banyak orang. Selain rasanya yang khas, jahe memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi secara rutin. Berikut manfaat minum jahe bagi kesehatan :

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herba ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

2. Mengatasi Mual

Mengonsumsi air rebusan jahe dapat mengatasi rasa mual yang kamu alami. Dilansir dari Healthline, rasa mual yang kamu alami setelah menjalani tindakan operasi atau menjalankan proses pengobatan kemoterapi dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan air jahe. Mual yang dialami akibat menjalani kehamilan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan jahe.

3.Meredakan Stres

Aroma kuat jahe ternyata tak hanya memberikan efek menenangkan bagi lambung dan usus. Menghirup aroma jahe juga dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu, rasa tegang dan tertekan pun akan reda saat kamu menyeruput segelas air jahe hangat.

4.Mencegah Dehidrasi

Mengonsumsi air jahe dapat membantu Anda tetap terhidrasi sehingga terhindar dari dehidrasi. Meski tak dapat menggantikan air putih sebagai asupan cairan utama, Anda tetap bisa mempertahankan cairan tubuh dengan minum air jahe.

5.Membantu Menurunkan Berat Badan

Air jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam suatu studi, para peneliti membagi 10 pria ke dalam dua kelompok. Satu kelompok minum air jahe panas setelah sarapan, sementara satu kelompok lainnya tidak. Hasil menunjukkan bahwa orang-orang yang minum jahe merasa lebih kenyang. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan sehingga bisa membantu berat badan turun.

6.Melawan Peradangan Rematik dan Osteoarthritis

Manfaat air rebusan jahe juga dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi rematik dan osteoarthritis. Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh.

7.Menurunkan Kadar Kolesterol

Tentu tingginya kandungan kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko seseorang alami gangguan jantung. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah kolesterol dengan mengonsumsi air rebusan jahe. Rutin konsumsi air jahe dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

8.Mengurangi Nyeri Menstruasi

Rutin mengonsumsi air jahe bisa membatu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi. Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek relaksasi.

9.Kaya antioksidan

Air jahe merupakan minuman yang kaya antioksidan. Antioksidan dapat melawan spesies oksigen reaktif (radikal bebas berupa oksigen) yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel tubuh. Meminum air jahe dapat membantu mencegah dan melawan efek negatif dari spesies oksigen reaktif.

10.Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rutin mengonsumsi air rebusan jahe membantu untuk mencegah perkembangan penyakit kanker dalam tubuh. Ada beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker hati.

Itulah manfaat dari minuman jahe. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.