8 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Mengatasi Batuk hingga kecantikan!

8 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Mengatasi Batuk hingga kecantikan!

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai bahan obat dan rempah-rempah.  Tak hanya itu jahe juga dikenal sebagai pengahangat tubuh dengan cara menyeduhnya menjadi wedang jahe. di Indonesia banyak sekali ditemukan jenis jenis Jahe, Mulai dari jahe kuning besar, jahe gajah, jahe badak, Jahe merah dan masih banyak macam lainnya. Khususya Jahe merah ada banyak Manfaat yang sangat bagus untuk berbagai pengobatan. Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum ini terasa lebih pedas, ukurannya lebih kecil, dan memiliki warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya. Apa saja sih khasiatnya bagi tubuh?

Kandungan yang ada pada Jahe Merah

Semua jenis jahe, termasuk jahe merah, secara umum memiliki kandungan yang sama. Jahe mengandung air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan mineral (fosfor, kalsium, dan besi). Khusus untuk jahe merah, tanaman rimpang yang tampak kemerahan ini memiliki senyawa yang tak kalah bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Berikut beberapa senyawa yang terkandung dalam jahe merah:

Shogaol, Gingerol, Zingeron, Capsaicin, Farnesene, Cineole, Caprylic acid, Aspartic, Linolenic acid, Gingerdione, Serat resin, Oleoresin dan Minyak atsiri

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Karena berbagai kandungannya, jahe merah banyak memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1. Meredakan Batuk

Khasiat jahe merah sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya, jahe ini dikonsumsi dalam bentuk teh yang dikemas secara tradisional.

2. Meredakan Sakit Kepala

Bila kita sering merasa sakit kepala,Nah cobalah secara rutin minum ramuan yang terbuat dari jahe merah.

Untuk mengatasi sakit kepala dengan memanfaatkan jahe merah sangat mudah. Dengan cara memotong jahe secara tipis, kemudian menyeduhnya dengan dengan air panas, dan nikmatilah selagi masih hangat.

3. Mengatasi Rematik

Jahe merah memiliki kandungan yang bisa mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Penyakit rematik atau asam urat dapat diatasi dengan menggunakan jahe merah. Cara mendapatkan khasiat jahe merah sangat mudah, rebus rimpang jahe merah bersama dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey hingga mendidih. Air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari.

4. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Tak hanya mengatasi masalah kesehatan saja, khasiat jahe merah juga dapat mengatasi disfungsi ereksi. Jahe merah secara tradisional dapat digunakan untuk mengatasi disfungsi seksual. Ini berkat senyawa oleoresin dalam jahe merah yang berfungsi sebagai afrodisiak.

Penelitian pada jahe merah telah banyak dilakukan untuk membandingkan efek afrodisiak dari minyak atsiri dan ekstrak minyak atsiri pada tikus jantan secara oral selama 32 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak atsiri dari jahe merah meningkatkan libido. Sedangkan ekstrak etanol jahe merah dan bubuk jahe merah tidak meningkatkan libido dan aktivitas seksual.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan dalam jahe merah sangat banyak dan sangat berguna untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang.

6. Mengatasi Peradangan

Jahe merah adalah salah satu obat alami yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, baik untuk minuman tradisional maupun untuk pengobatan. salah satu pengobatannya adalah untuk mengatasi peradangan.

Rimpang jahe merah diketahui mengandung senyawa fenol termasuk gingerol dan shogaol. Gingerol memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan terbesar dibandingkan dengan gingerol lainnya.

7. Membantu Menurunkan Berat badan

Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan meminum air jahe merah secara teratur. Jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan. Meski sangat bermanfaat, tetapi perlu diketahui bahwa penderita tukak lambung akut tidak diperbolehkan terlalu banyak mengonsumsinya, karena bisa menyebabkan sensasi terbakar dalam pencernaan.

Begitu juga bagi orang yang sedang menderita heartburn, karena terlalu banyak minum air jahe merah dapat memperburuk rasa sakit.

8. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, ternyata jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah sangatlah mudah. Jahe yang telah dibersihkan cukup dipijatkan pada wajah secara perlahan dan kemudian tutup seluruh wajah dengan irisan jahe merah.

Nah dari penjabaran diatas kita jadi tahu apa saja manfaat dari Jahe merah. Yang tidak hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecantikan.