4 Fakta Menarik Hagia Sophia, Kini Statusnya Berubah Kembali Jadi Masjid

4 Fakta Menarik Hagia Sophia, Kini Statusnya Berubah Kembali Jadi Masjid Haga Shopia di Turki

Hagia Sophia atau Aya Sofya adalah sebuah bangunan bekas masjid, basilika, dan sempat dijadikan museum, di Istanbul, Republik Turki, bangunan ini berusia 1.500 tahun dan UNESCO menetapkan sebagai salah satu warisan Dunia. Saat ini statusnya berubah menjadi masjid kembali. Pemerintah Turki memutuskan untuk mengembalikan status Hagia Sophia yang sebelumnya difungsikan sebagai museum kini menjadi masjid kembali.

Bukan pertama kalinya Hagia Sophia diubah menjadi masjid seperti saat ini. Dulu Hagia Sophia adalah Katedral lalu disaat Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1453 berubah menjadi masjid. Namun, pada tahun 1934 bangunan tersebut diubah menjadi museum. Hagia Sophia sendiri memang memiliki sejarah yang unik dan menarik. Hingga saat ini, Hagia Sophia masih menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Turki. Berikut adalah empat fakta menarik Hagia Sophia.

1. Salah satu warisan dunia dari (UNESCO)
Hagia Sophia sudah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia sejak 1985. Di bawah kekaisaran Justinian I pada tahun 532 sampai 537 Masehi, memang Hagia Sophia pertama kalinya dibangun sebagai gereja dan dipertimbangkan sebagai struktur Bizantium yang paling penting.

Pada tahun 1453 setelah Kekhalifahan Utsmaniya berhasil menaklukkan Konstatinopel Hagia Sophia berubah status menjadi masjid. Hingga tahun 1935 setelah Republik Sekuler Modern Turki berdiri pada 1923, Hagia Sophia dibuka sebagai museum.

2.  Sebagai lambang keagamaan dua agama
Hagia Sophia telah menjadi simbol agung dua agama yakni umat Kristiani sekaligus umat Islam di dunia. Bangunan ini seringkali menjadi potret pembelajaran dalam toleransi umat beragama. Lantaran, di dalam bangunan Hagia Sophia terdapat simbol dua agama yakni antara Kristen dan Islam yang berbagi dinding yang sama, terdapat tulisan Allah dan Muhammad SAW dan di sebelahnya terdapat lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus.

3. Memiliki kubah terbesar di dunia
Bangunan kubah yang ikonik ini didalamnya menyimpan sejuta keindahan arsitektur yang tak ternilai. Kubah Hagia Sophia pada awalnya memiliki tinggi 161 meter dan diameter 40 meter yang didesain oleh arsitek Anthemios of Tralles dan Isidoros of Miletos. Namun, pada tahun 558 kubah ini sempat roboh dan dibangun kembali dengan tinggi 55 meter. Kubah yang menjadi elemen paling mencolok dari Hagia Sophia ini dianggap sebagai simbol alam surga beserta kemuliaannya.

4. Arsitekturnya telah menginspirasi bangunan lain
Ciri khas arsitektur yang dimiliki oleh Hagia Sophia ini telah menginspirasi bangunan lain dalam kebudayaan islam. Blue Mosque atau Masjid biru di Instanbul, Turki adalah salah satu masjid yang terinspirasi dari Hagia Sophia.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi !

Itulah fakta menarik Hagia Sophia bangunan yang memiliki kubah ikonik yang terletak di distrik Fatih di Kota Instanbul, sisi barat Selat Bosporus. Ketika status Hagia Sophia diubah oleh pemerintah Turki publik pun sempat dibuat heboh. Salah satunya adalah UNESCO yang mengatakan bahwa Hagia Sophia masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia sebagai museum, sehingga memiliki komitmen dan kewajiban hukum tertentu.