5 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Turki Selain Hagia Sophia.

5 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Turki Selain Hagia Sophia. Pesona Hagia Sophia di Turki (img:unsplash)

5 Destinasi Wisata yang sangat Memukau di Turki.

News.diwarta.comTurki, merupakan negara yang memiliki kebudayaan besar yang telah ada sejak jaman Romawi sampai kerajaan Dinasti Ottoman. Turki menjadi saksi kehidupan masa lalu kerajaan-kerajaan besar di dunia. Banyak hal yang mendukung pernyataan tersebut dengan banyaknya peninggalan-peninggalan yang kaya akan sejarah di negara Turki. Sebut saja Hagia Sophia, salah satu icon negara Turki yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan masyarakat seluruh dunia. Bangunan yang dulunya merupakan peninggalan bangsa Romawi yang diperuntukkan sebagai Gereja, kemudian di masa Sultan Mehmet II dirubah menjadi Masjid kemudian di masa Turki modern dirubah menjadi Museum, saat ini di masa kepemimpinan Presiden Erdogan dikembalikan lagi menjadi Masjid. Polemik banyak terjadi seluruh dunia, baik itu yang mendukung ataupun yang tidak setuju atas keputusan Turki. Yang pasti, Hagia Sophia tetap merupakan bangunan bersejarah yang sangatlah indah dan layak untuk anda kunjungi ketika anda berpetualang ke Turki.

Baca Juga : 4 Fakta Menarik Hagia Sophia yang wajib anda ketahui

Selain Hagia Sophia, Turki menyimpan banyak tempat-tempat wisata menarik yang harus anda kunjungi ketika anda berlibur ke negara dengan penduduk mayoritas Muslim ini. Berikut 5 destinasi wisata di Turki yang direkomendasikan untuk anda.

1. Blue Mosque, Turki yang terletak di dua benua banyak memiliki peninggalan tempat ibadah bersejarah. Salah satunya adalah Blue Mosque (Masjid Biru) atau Sultan Ahmed Mosque. Blue Mosque didirikan oleh Sultan Ahmed I pada masa dinasti Ottoman dan mulai dibangun di tahun 1609. Arsitektur indah dan menawan yang tidak kalah dengan keindahan Hagia Sophia membuat masjid ini menjadi destinasi favorit pada wisatawan. Masjid yang memiliki 5 kubah, 6 menara dan 8 kubah kecil ini memiliki interior dan exterior khas berupa hiasan keramik dengan mayoritas warna biru yang dilukis dengan tangan yang membuat masjid ini dijuluki sebagai Masjid Biru. Jika berlibur ke Turki, sempatkan mampir ke Blue Mosque yang letaknya tidak jauh dari Hagia Sophia.

Keindahan Blue Mosque atau Masjid Biru di Turki

Keindahan Blue Mosque atau Masjid Biru di Turki (img:unsplash)

2. Cappadocia, merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Turki. Walaupun lokasinya terbilang jauh dari Istanbul (jarak tempuh 12 jam dengan Bus) namun semua akan terbayar dengan pemandangan alam yang mempesona berupa lembah, ngarai dan perbukitan yang didominasi oleh bebatuan. Bangunan, menara dan rumah warga di Cappadocia juga terbuat dari batu sehingga menjadi tujuan wisata yang unik. Salah satu sajian yang wajib dicoba oleh pelancong di kota ini adalah sensasi naik balon udara. Puluhan Balon udara yang tiap balonnya dapat menampung 10 hingga 30 orang ini menjadi pemandangan menarik yang dapat diabadikan lewat media foto oleh turis atau pelancong.

Tebing Batu dan Balon Udara di Cappadocia Turki

Tebing Batu dan Balon Udara di Cappadocia Turki (img:unsplash)

3. Topkapi Palace, Istana Topkapi merupakan istana di Istanbul yang dulunya merupakan kediaman resmi Sultan Ustmaniah selama lebih dari 600 tahun lamanya. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Saat ini, Topkapi Palace difungsikan sebagai museum yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan dan dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Kemegahan Istana Topkapi Turki

Kemegahan Istana Topkapi Turki (img:pixabay)

4. Grand Bazaar, Kalau mendengar kata pasar tradisional kita pasti berfikir tempat yang kotor, becek bahkan menjijikkan. Grand Bazaar merupakan pasar tradisional di kota Istanbul yang bisa disebut sebagai salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia. Pasar ini konon sudah ada sejak tahun 1455. Pasar yang luasnya berhektar-hektar dengan lorong-lorong kecil namun jauh dari kesan kumuh ini dihuni sekitar 3000 lebih toko. Kebanyakan toko menjual pernak pernik khas Turki mulai gantungan kunci, tas, pakaian sampai hiasan berupa barang pecah belah. Disini anda juga akan menemukan berbagai makanan khas Turki seperti Turkish delight dengan kualitas yang bermacam-macam. Jangan ragu untuk menawar barang yang akan anda beli di Grand Bazaar karena hal tersebut sangat lumrah dilakukan disana.

Ramainya Tempat Wisata Grand Bazaar Turki

Ramainya Tempat Wisata Grand Bazaar Turki (img:unsplash)

5. Selat Bosphorus, merupakan selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Asia, menghubungkan laut Marmara dan laut Hitam. Pada tepian selat dihuni oleh banyak penduduk khususnya di kota Istanbul. Selain rumah penduduk, ada pula hotel dan yang paling menarik terdapat bangunan bersejarah berupa benteng ditepian selat Bosporus yang menjadi saksi penaklukan Konstantinopel oleh Al-Fatih. Untuk bisa menikmati keindahan selat, disediakan angkutan berupa kapal yang akan mengantarkan kita menelusuri selat dan berhenti di spot-spot yang penting dan bersejarah.

Pemandangan Menarik Selat Bosporus Turki

Pemandangan Menarik Selat Bosphorus Turki (img:unsplash)

Selain destinasi diatas, Turki masih menyimpan tujuan wisata lainnya yang dapat dinikmati oleh turis. Jutaan orang telah terbuai dengan keindahan dan kebudayaan Turki. Jika anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi.