Suka Bersepeda? Kenali Dulu 7 Tips Berikut Supaya Terhindar dari Serangan Jantung

Suka Bersepeda? Kenali Dulu 7 Tips Berikut Supaya Terhindar dari Serangan Jantung 7 Tips Agar Jantung Sehat Saat Berseped

Hobby bersepeda kali ini paling banyak digemari, dimana-mana trend penggunaan sepeda sangat tinggi. Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, memiliki daya tarik yang luar biasa, dan merupakan kegiatan yang menghasilkan banyak manfaat, diantaranya:

  • Bersepeda secara rutin akan memperkuat otot jantung, paru-paru, dan memperbaiki sirkulasi tubuh serta dapat menurunkan kadar lemak.
  • Dengan bersepeda secara teratur anda dapat meminimalisir sekitar 15% resiko serangan jantung dibandingkan dengan yang bukan pengendara sepeda
  • Dengan bersepeda, yang merupakan olah raga ringan, memiliki dampak lebih sedikit terhadap cedera atau permasalahan otot dibandingkan dengan olah raga lainnya

Namun, akhir-akhir ini banyak kejadian fatal akibat bersepeda, misalnya serangan jantung saat bersepeda. Serangan jantung sendiri terbagi dalam dua kategori, serangan jantung atau heart attack dan gagal jantung atau cardiacarrest.

Serangan jantung terjadi pada saat tersumbatnya aliran darah menuju jantung sehingga menghentikan pasokan oksigen ke jantung, sedangkan gagal jantung terjadi karena terganggunya pemompaan darah oleh jantung. Secara kuantitas di Indonesia serangan jantung terjadi sebanyak 2 juta kasus pertahun, sementara gagal jantung terjadi sebanyak 150 ribu kasus per-tahun.

Berikut tips agar jantung sehat saat bersepeda:

  1. Checkup kesehatan dan jantung secara rutin, terutama bagi yang memiliki resiko seperti punya riwayat jantung, riwayat gangguan pernafasan, atau usia lanjut
  2. Istirahat dan tidur yang cukup
  3. Makan makanan yang sehat dan bergizi
  4. Selalu menjaga pola latihan bersepeda dengan teratur dan terukur
  5. Menjaga atau manajemen stress dan pengandalian emosi
  6. Jangan abaikan tanda-tanda masalah jantung
  7. Jika mengikuti touring/event gowes dan memiliki masalah jantung, harus membawa obat-obat pribadi, menginformasikan permasalahan jantung pada teman goweser atau panitia, menggunakan tanda pengenal, dan melakukan checkup ke dokter sebelum mengikuti event.

Demikian beberapa tips agar jantung tetap terjaga saat anda bersepeda, semoga informasi ini dapat membantu para goweser untuk lebih siap dan berhati-hati dalam bersepeda.