Arumi Bachsin Kampanyekan GEMARIKAN di Kabupaten Blitar

Arumi Bachsin Kampanyekan GEMARIKAN di Kabupaten Blitar Arumi Bachsin Kampanyekan GEMARIKAN di Kabupaten Blitar

DIWARTA – Ketua Tim Penggerak PKK Prov Jatim, Arumi Bachsin Dardak kampanyekan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Pendopo Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar, Selasa (14/7/2020)

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Menurut Arumi Bachsin Dardak, Kabupaten Blitar memiliki potensi ikan yang bagus. Hal ini terbukti banyaknya jenis dan pilihan ikan yang ada. Ikan lele menjadi alternatif paling gampang untuk dikonsumsi maupun dipelihara.

“Makan ikan mencegah stunting pada anak. Salah satu protein yang terbaik dan mudah dicerna oleh anak-anak maupun lansia adalah protein pada ikan karena mudah terurai”, tambah Arumi Bachsin Dardak

Saat ini rata-rata tingkat konsumsi ikan laut masyarakat Kabupaten Blitar adalah 23,5 kilogram per tahun per kapita. Hal ini perlu peningkatan yang lebih kedepannya sebab jumlah tersebut masih tergolong rendah.