Belajar di Rumah? Yuk simak rekomendasi Kemendikbud!

Belajar di Rumah? Yuk simak rekomendasi Kemendikbud!

DIWARTA – Pada 11 Maret 2020 lalu, World Health Organization (WHO) sudah mengumumkan status pandemi global untuk penyakit virus corona 2019 atau yang juga disebut corona virus disease 2019 (COVID-19). Sudah empat bulan selama pandemi Covid-19 berlangsung, pemerintah mengambil tindakan untuk pelajar agar belajar dari rumah demi meminimalisir penyebaran.

Dikutip dari Allianz.co.id, dalam istilah kesehatan, pandemi berarti terjadinya wabah suatu penyakit yang menyerang banyak korban, serempak di berbagai negara. Sementara dalam kasus COVID-19, badan kesehatan dunia WHO menetapkan penyakit ini sebagai pandemi karena seluruh warga dunia berpotensi terkena infeksi penyakit COVID-19.

Selama ini banyak sekali materi yang sudah tersebar di internet secara gratis untuk menunjang kegiatan belajar di rumah. Akan tetapi, Kemendikbud memberi aturan untuk belajar di rumah saja, sehingga kebutuhan akan materi yang kredibel dan mudah dipahami juga semakin dibutuhkan. Berikut beberapa rekomendasi :

1. Aplikasi seTARA yang merupakan sebuah learning management system untuk pembelajaran jarak jauh pada pendidikan kesetaraan. seTARA daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh pada pendidikan kesetaraan.

2. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Mulai dari kelas digital hingga laboratorium maya.

3. Suara Edukasi diselenggarakan untuk menjadi sebuah siaran radio yang dapat dijadikan sebagai media alternatif sumber belajar, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional. Tak hanya materi dalam bentuk tulisan dan video, materi yang bentuknya podcast atau audio.

4. BSE Kemdikbud adalah aplikasi penyedia buku-buku dalam bentuk PDF yang bisa diunduh legal langsung dari situs penyedianya.