Tak Perlu Mengeluarkan Banyak Uang Untuk Membantu Menurunkan Asam Urat, Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari

Tak Perlu Mengeluarkan Banyak Uang Untuk Membantu Menurunkan Asam Urat, Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari Manfaat dan Khasiat Buah Jeruk (unsplash/@runblue)

Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang terjadi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Sehingga berakibat di sekitar persendian terdapat kristal-kristal yang menumpuk dan memicu nyeri. Selain rasa nyeri, sendi bisa mengalami bengkak, seperti pada jempol kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, tumit, siku, lutut, dan jari.

Ketika kamu mengalami asam urat tinggi, kamu harus mengelola gaya hidupmu, salah satunya adalah melakukan diet. Meskipun penderita asam urat harus membatasi mengkonsumsi makanan tertentu, tetapi ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan asam urat kamu.

Apa aja sih makanan yang bisa membantu menurunkan asam urat kamu dan tak perlu mengeluarkan banyak uang. Yuk simak daftar makanannya di bawah ini

1. Air Putih
Mungkin terlihat sederhana, tetapi banyak orang yang meremehkan khasiat air putih ini. Mengonsumsi air putih setiap hari dapat menurunkan asam urat di dalam tubuh kita. Coba kamu konsumsi air putih sekitar 10-12 gelas setiap hari. Hal ini membuat detoksifikasi di dalam tubuh kamu akan berlangsung.

Biasakan mengonsumsi air putih hangat ketika pagi hari sebelum kamu sarapan saat perut masih kosong.

2. Buah Jeruk
Pada sebuah penelitian yang telah dipublikasi oleh JAMA Network menyatakan bahwa asupan harian 500 mg vitamin C merupakan cara yang efektif untuk mengurangi frekuensi nyeri yang disebabkan oleh asam urat. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu tubuh kamu mengeluarkan asam urat, dan sebagai sumber vitamin C yang baik.

Selain itu, orang yang memiliki asam urat tinggi memerlukan buah yang memiliki kadungan fruktosa rendah. Dan itu dapat ditemukan pada buah jeruk.

3. Buah Ceri
Beberapa riset membuktikan bahwa buah ceri sangat ampuh untuk meredakan dan dapat mencegah penyakit asam urat. Di dalam riset menyarankan untuk mengomsumsi buah ceri sebanyak 3 porsi setidaknya selama 2 hari berturut-turut.

Selain langsung dikonsumsi, kamu yang punya asam urat tinggi, bisa mengonsumsi dalam bentuk jus atau ekstrak buah ceri.

4. Sayuran
Pada penelitian di dalam jurnal PloS One membuktikan bahwa mengonsumsi sayuran yang memiliki banyak purin seperti bayam, asparagus dan kembang kol tidak akan mempengaruhi kadar asam urat atau meningkatkan resiko asam urat seperti yang banyak orang anggap dan percaya selama ini. Karena dengan kamu banyak mengonsumsi sayuran, itu akan membantu kamu mempertahankan berat badan ideal dan kaya vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Jahe
Jahe merupakan tanaman herbal yang sering dipakai untuk mengobati berbagai macam peradangan. Jahe dipercaya mampu untuk membantu mengatasi serangan otot.  Dengan mengonsumsi jahe, kamu dapat menurunkan asam urat dalam darah. Disarankan kamu mengonsumsi air jahe sebayak 3 cangkir setiap harinya untuk menurunkan asam urat.