Jawab Tantangan Ekonomi Akibat Covid-19, Pemkab Blitar Bersama Dekopinda Gelar Webinar Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UMKM

Jawab Tantangan Ekonomi Akibat Covid-19, Pemkab Blitar Bersama Dekopinda Gelar Webinar Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UMKM Webinar Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UMKM di Pemerintah Kabupaten Blitar

Blitar (15/7/2020) – Dalam rangka menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi yang rendah dan dampak dunia usaha terutama koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah akibat pandemi covid-19, serta memperingati Hari Koperasi ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke-5, Pemerintah Kabupaten Blitar bersama-sama DEKOPINDA Kabupaten Blitar menggelar Webinar dengan tema “Peningkatan Peran Koperasi dalam Mengembangkan Usaha UMKM Berbasis Koperasi”.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rijanto, menyampaikan bahwa UMKM dan Koperasi harus segera bangkit dan berjuang untuk kembali berperan dalam pembangunan ekonomi, khususnya di daerah. UMKM harus dapat menyesuaikan dengan situasi pandemi dengan meningkatkan pengetahuan, pemahaman terhadap teknologi informasi, kreatifitas, inovasi serta mampu memanfaatkan potensi-potensi sekitar untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Rijanto, yang juga didaulat sebagai “Bapak-nya Koperasi Kabupaten Blitar” ini menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam membantu Koperasi dan UMKM pada masa pandemi ini, diantaranya kebijakan Ayo Bela Beli produk Blitar, mewajibkan ASN membeli produk UMKM Blitar, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat dengan produk UMKM, dan lain sebagainya.

Webinar dipandu oleh Tuti Komaryati, Asisten Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, dan dibuka langsung oleh Bupati Blitar. Webinar ini menghadirkan 3 narasumber yaitu, Sri Untari Bisowarno, Ketua Umum DEKOPIN dengan materi Kedudukan, Fungsi, dan Peran Dekopin dalam Mencapai Tujuan Koperasi, Alfian Andri Trianto dari Bukalapak dengan materi Digital Marketing Fundamental, dan Sofwan Kurnia, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dengan materi Strategi Pengembangan UMKM di Era New Normal.

Webinar ini diikuti oleh 1000 lebih koperasi dan UMKM di wilayah Kabupaten Blitar melalui aplikasi video conference dan disiarkan live streaming melalui YouTube Pemda Kabupaten Blitar.