10 Manfaat Beras Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Beras Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai salah satu makanan yang sering dijumpai dan dikonsumsi masyarakat, seakan membuat beras menjadi kebutuhan primer yang setiap hari harus dipenuhi. Terlebih beras juga kaya akan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Beras selain memiliki beberapa warna, bentuk dan ukuran namun yang paling populer adalah beras dengan warna merah dan putih. Perlu diketahui bahwa kandungan serat dan nutrisi pada beras merah lebih banyak ketimbang beras putih pada umumnya. Kenyataannya beras putih dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, namun beras merah justru sebaliknya. Oleh karena itu mengkonsumsi beras merah banyak digunakan untuk proses diet.

Baca juga 4 Buah Penurun Berat Badan, Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Makan Buah

Supaya mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat beras merah, simak yuk beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh:

1. Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi
Beras merah seringkali dianggap beras dengan kandungan nutrisi tinggi, karena proses produksinya tanpa disertai pembuangan kulit. Dalam satu gelas beras merah terdapat kandungan 4.5 gram protein, 218 kalori, 3.5 gram serat, 1.8 gram lemak, dan 45.8 gram karbohidrat.

Pada takaran yang sama, beras putih mengandung 4.4 gram protein, 242 kalori, 0.6 gram serat, 0.4 gram lemak dan 53.2 gram karbohidrat. Hasilnya bisa disimpulkan bahwa kandungan serat pada beras merah lebih tinggi, namun rendah kalori apabila dibandingkan beras putih

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Beras merah selain memiliki kandungan serat yang tinggi, juga mampu menghancurkan kolesterol jahat. Sehingga mengkonsumsi beras merah mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

3. Mengurangi Risiko Diabetes
Indeks glikemik pada beras merah yang rendah, dapat membantu program diet menjadi lebih baik. Selain itu beras merah juga mampu mengatur kadar gula darah dan produksi insulin sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Mengkonsumsi beras merah secara teratur dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang karena beras merah memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sehari-hari.

5. Dapat Mencegah Risiko Kanker
Beras merah ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami pencegah kanker yang disebabkan oleh radikan bebas yang sifatnya berbahaya bagi tubuh. Ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan zinc, antioksidan serta mineral yang bermanfaat untuk mengurangi efek dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan sistem dalam tubuh.

6. Meningkatkan Kekebalan Serta Daya Tahan Tubuh
Beras merah merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin yang baik dan sangat diperlukan bagi tubuh. Ini dikarenakan kandungan mineral zinc pada beras merah dapat mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh

7. Mampu Membuat Kenyang Lebih Lama
Beras merah mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dikarenakan memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang kompleks atau sejenis karbohidrat yang lama untuk dicerna dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan selenium pada beras merah mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu mengkonsumsi beras merah juga membantu menghilangkan plak sehingga mengurangi terjadinya penyumbatan darah di arteri.

9. Mencegak Obesitas
Mengkonsumsi beras merah mampu meningkatkan enzim Glutathione peroxidase dan antioksidan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh sehingga dapat membantu proses diet dan mengontrol berat badan.

10. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini
Mengkonsumsi beras merah mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. produksi kolagen yang cukup sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit manusia. Selain itu, kandungan selenium pada beras merah bisa menjadi formula alami anti-inflamasi pada kulit, sehingga bisa mencegah peradangan kulit akibat kerusakan kulit lainnya.

Nah. Itu tadi merupakan beberapa manfaat pada kandungan beras merah yang baik bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.