Berbagai Manfaat Teh Hijau yang Wajib Kamu Ketahui

Berbagai Manfaat Teh Hijau yang Wajib Kamu Ketahui Khasiat dan Manfaat Green Tea (unsplash/@verenaxxs)

Teh Hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh  (Camellia Sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam.

Teh hijau telah dikenal berkhasiat tinggi sejak tahun 2737 Sebelum Masehi (SM). Nutrisi teh hijau memang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, seperti kafeina, katekin, kalium, dan beberapa kandungan lainnya. Katekin memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan medis, seperti penyakit jantung. Kira-kira apa saja manfaat berbagai jenis teh hijau yang harus kamu ketahui ? berikut penjelasannya :

1. Teh Hijau Sariwangi

Teh Hijau Sariwangi, merupakan tes hijau kemasan yang sangat praktis untuk dibuat minuman. Selain itu, teh hijau sariwangi juga dapat kita manfaatkan seperti untuk, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan resiko kanker, menurunkan resiko diabetes, meningkatkan pembakaran lemak dan masih banyak lagi. Selain itu, kita bisa menggunakan teh hijau Sariwangi ini untuk masker jerawat dan bisa mencegah penuaan.

2. Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

Manfaat teh hijau alah satunya adalah menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau ini yang nantinya akan melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga proses pencernaan perut pun jadi lancar. Ada yang harus kita ketahui, untuk minum teh hijau dengan tujuan menurunkan berat badan, tidak boleh sembarangan meminumnya, salah satunya yaitu minum teh hijau tanpa gula, sajikan saat suhu hangat, minum teh sebelum makan atau sebelum tidur. Selain itu, tetap kita harus mengimbangi dengan pola hidup sehat dan makanan yang rendah lemak.

3. Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot

Salah satu merek dari teh hijau yang banyak diminati masyarakat Indonesia luas adalah teh hijau “Kepala Jenggot”. Teh hijau “Kepala Jenggot” memiliki zat antioksidan yang tinggi seperti enzim, asam amino, serta polifenol yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain memiliki zat antioksidan yang tinggi, teh ini juga memiliki kandungan bahan lainnya seperti vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein. Beberapa manfaat teh hijau Kepala Jenggot ini adalah untuk kecantikan yaitu bisa digunakan untuk toner kulit, mengatasi jerawat, menghilangkan mata panda, merwata kecantikan kulit wajah. Selain itu manfaat yang bisa diambil untuk kesehatan yaitu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mencegah stroke dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil dari mengkonsumsi teh hijau Kepala Jenggot ini.

4. Manfaat Teh Hijau Tong Tji

Teh Hijau Tong Tji merupakan salah satu merek teh yang terkenal. Banyak konsumen yang mencari teh ini. Selain enak diminum, teh hijau tong Tji ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan teh hijau lainnya. Yaitu mulai dari manfaat untuk kesehatan manusia adan juga untuk kecantikan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari teh hijau Tong Tji ini. Untuk mengkonsumsi teh hijau Tong Tji, sesuaikan dengan manfaat apa yang ingin kamu ambil, jangan sembarangan mengkonsumsinya tanpa mengetahui yang harus dilakukan untuk minum teh hijau agar manfaatnya dapat kita ambil.

5. Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut studi yang dilakukan ahli di Medical College of Georgia di Amerika Serikat, EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati. Teh hijau secara umum memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan. Dengan sifatnya tersebut, teh hijau memiliki potensi khasiat untuk menangani masalah kulit yang mungkin paling membuat Anda pusing: jerawat dan kulit berminyak. Teh hijau juga kaya dengan beragam vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin E telah dikenal berkhasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit. Selain EGCG, teh hijau juga mengandung epicatechin gallate (ECG). Molekul ini juga memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas berlebih, si perusak sel tubuh. Radikal bebas juga dapat memicu penyakit, termasuk di antaranya kanker kulit.

6. Manfaat Teh Hijau dan Lemon

Mengkonsumsi teh hijau dan lemon dapat membantu unutk menurunkan berat badan. Teh hijau kaya dengan antioksidan, flavonoid dan fitonutrien lain yang mencegah beberapa penyakit. Dilansir dari Pink Villa, Senin (11/11), menambahkan perasan lemon segar dan madu ke dalam teh hijau dapat meningkatkan khasiat dan rasanya.

Deimikianlah beberapa manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi teh hijau. Manfaat teh hijau dapat kita rasakan jika kita menggunakannya dengan benar. Selamat mencoba.